Sukses

5 Kondisi Ini Bisa Anda Alami Jika Tak Pernah Olahraga

Lima kondisi kesehatan ini rentan terjadi pada orang-orang yang tidak pernah berolahraga

Liputan6.com, Jakarta Olahraga menjadi salah satu aspek penting dalam menjalankan pola hidup sehat. Apalagi di kalangan masyarakat urban, mereka lebih mementingkan menjaga pola makan sehat ketimbang menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga.

Namun tahukah Anda saat tubuh tak pernah olahraga akan berakibat apa? Mengutip laman Metro.co.uk, ditulis Rabu (17/8/2016) sederet kondisi kesehatan ini akan dialami mereka yang tidak pernah berolahraga.

1. Disfungsi seksual

Baik pria maupun wanita yang tidak pernah berolahraga akan mengalami disfungsi seksual. Sebab otot-otot tubuh tidak terlatih dan stamina akan merosot.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa pria yang berolahraga lebih memiliki ereksi dan fungsi seksual yang lebih baik. Dan orang-orang yang setidaknya menghabiskan dua jam latihan fisik setiap minggu akan lebih baik dan kuat di ranjang.

2. Otot melemah

Otot yang tidak terlatih akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lemah dan hilang kebugaran. Untuk menyiasatinya, Anda dapat bersepeda beberapa kali dalam seminggu agar otot lebih kuat. Bahkan studi tahun 2009 mengungkap, dengan bersepeda sel-sel otot dapat terlindung dan terhindar dari kelemahan.

3. Rentan dengan masalah kardiovaskular

Mungkin tak semua orang suka berjalan di atas mesin treadmill, namun latihan ini sudah cukup membuat tubuh lebih bugar karena dapat meningkatkan fungsi aliran darah pada tubuh.

Pelatih pribadi asal Inggris mengatakan individu yang tidak berolahraga dalam kurun waktu yang lama akan mengalami peningkatan masalah kardiovaskular, "Aktivitas seperti berlari dan menaiki tangga akan menjaga ketahanan tubuh dan terhindar dari masalah kardiovaskular."

4. Mudah stres

Olahraga akan mengubah kinerja otak lebih baik, sehingga mampu mengelola stres dengan baik. Studi yang ditulis oleh Elizabeth Gould dari Princeton University mengatakan, "Olahraga mampu memahami bagaimana otak mengatur perilaku cemas dan memberikan potensi dalam membantu orang mengelola gangguan kecemasan."

5. Pola tidur buruk

Berolahraga adalah salah satu tips untuk individu yang berjuang untuk mendapatkan tidur nyenyak. Pada tahun 2005, peneliti mengungkap setidaknya 150 menit latihan fisik dalam seminggu mampu membantu orang untuk mudah tidur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.