Manfaat Seks untuk Psikis dan Fisik Manusia Menurut Pakar Sedunia

Oleh Adanti Pradita pada 09 Agu 2016, 22:00 WIB
Seks

Liputan6.com, Jakarta- Bercinta merupakan aktivitas yang tidak akan pernah berhenti digemari manusia. Kebanyakan orang pada umumnya menilai bercinta hanya sebatas pelampiasan hawa nafsu atau rasa cinta. Namun sebetulnya, bercinta disebut sebagai kebutuhan biologis bukan tanpa alasan yang lebih dalam.

Bercinta ternyata tidak hanya membuat fisik kita lebih sehat dan lebih kebal terhadap serangan beberapa penyakit, namun juga membantu menjaga kesehatan psikis setiap orang yang melakukannya.

Berikut 8 manfaat seks untuk kesehatan psikis dan fisik manusia seperti disampaikan oleh sejumlah pakar dari seluruh dunia, dilansir dari laman situs Mirror, Selasa (9/8/2016):

Perangi Stres

Sebuah studi dalam jurnal Biological Psychology menyimpulkan bahwa mereka yang melakukan aktivitas bercinta pada saat malam hari akan lebih segar dan bahagia keesokan paginya. Ini membantu mereka tampil dan bekerja lebih baik, serta mengurangi potensi stres yang kerap berujung depresi.

Solusi tidur nyenyak

Sebuah studi yang dilaksanakan oleh French Medical Reserach Council, Inserm pada tahun 2012 lalu membuktikan bahwa seks adalah solusi tepat untuk membuat seseorang lelah dan bisa tidur dengan nyenyak.

Penahan rasa lapar

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa seks dapat membantu seseorang menahan rasa lapar lantaran sudah merasa puas dari orgasme. Saat orgasme, tubuh mengeluarkan phenethylamine, zat yang merupakan amphetamine alami dalam tubuh. Zat ini mampu membuat orang tidak lagi lapar dan sudah merasa puas apa adanya.

1 of 2

Kesehatan Fisik


Bantu melawan penyakit flu

Sejumlah ilmuwan dari Wilkes University di Pennsylvania, Amerika Serikat mengatakan bahwa bercinta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mana juga turut membantu tubuh lebih kuat menghalangi virus seperti flu untuk masuk ke dalam.

'Painkiller' alami

Sebuah riset yang dikemas dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menyatakan bahwa orgasme hasil bercinta mampu bekerja sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit untuk penderita migrain, sakit tulang punggung, pusing, nyeri pada kaki dan lainnya.

Kunci untuk menghindari penyakit jantung

Para peneliti di New England Research Institute, Massachusetts, Amerika Serikat menegaskan bahwa aktivitas bercinta dapat membantu seseorang menghindar dari potensi sakit atau serangan jantung. Mereka yang melakukannya dua kali seminggu memiliki 45% resiko lebih kecil untuk mengalami penyakit seputar jantung dibandingkan mereka yang tidak melakukannya sama sekali.


Pelindung dari penyakit kanker payudara

Sebuah penelitian yang mana hasilnya dipaparkan dalam British Journal of Cancer pada tahun 2000 silam menjelaskan bagaimana aktivitas bercinta mampu membantu seseorang melawan penyakit kanker payudara pada wanita dan juga pada pria. Pria yang hanya 6 kali orgasme atau kurang dalam sebulan memiliki resiko tinggi penyakit tersebut. Sama halnya dengan pria, wanita yang hanya melakukan hubungan seks sekali sebulan sangat rentan akan kanker payudara.

Rahasia awet muda

Para ilmuwan di Royal Edinburgh University memberitahukan hasil penelitian mereka terkait seks. Menurut mereka, seseorang yang melakukannya 4 kali dalam kurun waktu seminggu akan terlihat 10 kali lebih muda.

Lanjutkan Membaca ↓
elafitrielafitri

oh jadi kalau laper dengan berhubungan sex bisa gak laper lagi ya..

anskyansky

bagus juga manfaatnya, tapi itu berlaku bagi pasangan suami istri yaa. yg belum sah jangan coba coba haha

santihsantih

Bukannya abis berhubungan yang ada malah laper ya? Kan capek tuh :p

Lihat Lainnya