Sukses

Vaksin Flu Ternyata Bermanfaat bagi Diabetesi

Vaksin flu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada diabetesi.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes tipe 2 ternyata bisa mendapat manfaat dari vaksin flu. Pasalnya, vaksin flu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada diabetesi.

Para peneliti Inggris mempelajari 124.503 orang dengan diabetes tipe 2 selama 7 tahun. Sekitar dua per tiga dari jumlah tersebut diberi vaksin flu.

Setelah meneliti faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, indeks massa tubuh, hipertensi, jenis pengobatan, serta kondisi kesehatan dan kebiasaan mereka, peneliti menemukan, orang dengan diabetes tipe 2 yang mendapat vaksin flu memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena stroke. Selain itu, mereka juga berisiko 22 persen lebih rendah mengalami gagal jantung dan 24 persen risiko lebih rendah mengalami kematian yang disebabkan semua penyakit tersebut. Diabetesi tipe 2 pun secara statistik lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung.

Penulis utama penelitian, Dr Eszter P. Vamos, peneliti klinis di Imperial College London, mengatakan, diabetesi memiliki risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular sehingga flu sangat berbahaya bagi mereka.

"Vaksin flu umumnya jarang digunakan pada orang yang memiliki penyakit kronis," ucapnya. "Sangat penting bagi orang dengan diabetes untuk mendapat vaksin flu setiap tahun," lanjutnya, dilansir dari laman Nytimes, Sabtu (30/7/2016).

Studi dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini