Sukses

Jangan Biarkan Bayi Tertutup Selimut Dalam Kereta Dorong

Musim panas menjadi waktu yang bagus untuk para ibu mengajak bayinya jalan-jalan dengan kereta dorong.

Liputan6.com, Jakarta Musim panas telah datang. Waktunya para ibu mengajak bayinya jalan-jalan dengan kereta dorong. Namun Anda tak perlu menutupi bayi dengan selimut untuk melindunginya dari matahari.

Karena kain bisa menaikkan suhu secara dramatis, serta meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), saran Svante Norgren, dokter anak di Rumah Sakit Anak-anak Astrid Lindgren di Stockholm, Swedia.

Peneliti Swedia mengatakan kain selimut yang menutupi kereta dorong bayi bisa mengurangi sirkulasi udara, dan menciptakan panas yang hebat. Sebuah studi di Swedia mengklaim, kereta dorong bayi yang tertutup di bawah sinar matahari menjadi 15 derajat lebih panas, dibandingkan dengan kereta dorong yang terbuka.

"Itu akan sangat panas di kereta dorong bayi, seperti termos," katanya kepada surat kabar Swedia, yang dilansir laman Dailymail, Minggu (24/7/2016).

"Selain itu sirkulasi udara buruk, dan sulit melihat bayi dengan kain penutup," lanjutnya. Jika seorang anak merasakan terlalu panas, pernapasan mereka mungkin akan terhenti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.