Sukses

Jutaan Orang Meninggal Gara-Gara Hewan Kecil Ini

Meski kecil, hewan ini mampu menyebabkan kematian jutaan orang setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jenewa- Hewan yang satu ini warnanya hitam, bisa terbang, ukurannya juga tidak terlalu besar hanya 4-13 mm saja. Meski kecil, hewan ini mampu menyebabkan kematian bagi jutaan orang setiap tahunnya. Hewan ini adalah nyamuk.

Badan Organisasi Dunia (WHO) menyebut nyamuk sebagai salah satu hewan mematikan dunia. Nyamuk memang tidak langsung menyebabkan kematian, tapi kemampuannya untuk membawa dan menyebarkan penyakit ke manusia luar biasa. 

Sebut saja malaria, yang bisa menyebabkan 600.000 kematian di dunia, terutama terjadi pada anak berusia di bawah lima tahun.

Nyamuk Aedes Aegypti terlihat di laboratorium Oxitec di Campinas, Brasil, (2/2/2016). Para ahli kesehatan memeberikan keterangan bahwa Virus Zika yang menyebar di kawasan Amerika Latin, terutama Brasil dan Kolombia. (REUTERS/Paulo Whitaker)

Nyamuk Aedes misalnya, menyebabkan penyakit chikungunya, demam berdarah, dan zika. Lalu nyamuk Anopheles sebabkan malaria. Ada juga nyamuk Culex yang sebabkan Japanese encephalitis, Lymphatic filariasis, dan demam West Nile seperti dikutip laman WHO, Kamis (21/7/2016).

Lebih dari setengah populasi dunia tinggal di wilayah habitat nyamuk. Upaya pengendalian nyamuk berkelanjutan penting untuk mencegah wabah penyakit yang seperti disarankan WHO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini