Sukses

Usai Melahirkan, Mengapa Perut Tak Langsung Kempis?

Nyatanya butuh beberapa minggu atau bulan agar perut kembali lagi seperti semula. Lantas, mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta Setelah melahirkan buah hati ke dunia, banyak perempuan yang berharap perutnya langsung kempis. Paling tidak seperti perut Kate Middleton usai melahirkan Charlotte.

Namun nyatanya, butuh beberapa minggu atau bulan agar perut kembali lagi seperti semula. Lantas, mengapa demikian?

"Beberapa perempuan memang mampu mengatur untuk menghindari perut buncit sesudah melahirkan. Namun sangat sedikit jumlah perempuan yang memiliki perut rata usai melahirkan," kata pakar kesehatan perempuan, Jennifer Wider.

Sebagian besar, sekitar 99 persen perempuan, tidak akan langsung memiliki perut rata dalam hitungan minggu. "Dan hal ini sebenarnya baik-baik saja. Ini benar-benar normal," kata profesor kinesiologi dari Michigan State University, Jim Pivarnick.

Menurut Pivernick, pada saat hamil juga terjadi perubahan mekanisme tubuh secara perlahan. Hal yang sama pun terjadi usai melahirkan. 

"Bahkan jika Anda melakukan olahraga, tetap butuh hitungan bulan untuk membuat otot-otot di perut kembali sebelum hamil," kata pria yang meneliti efek olahraga pada perempuan hamil seperti dikutip laman Glamour, Rabu (20/7/2016).

Cepat atau lambannya pengempisan perut usai melahirkan juga tidak sama pada setiap wanita. Hal ini tergantung pada banyak faktor, seperti berat badan sebelum hamil, usia, genetik, ukuran janin dalam kandungan, aktivitas dan diet, serta menyusui, ujar Direktur Medis Miami's FemCara Obgyn, Jason James.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.