Sukses

Hari Pertama Sekolah Itu Tas Baru, Baju Baru, Semangat Baru

Aneka keseruan cerita di hari pertama sekolah diungkapkan lewat media sosial. Mulai dari cerita para ayah hingga kilas balik masa sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Ayah membonceng anaknya berseragam atau ibu-ibu yang mengantar buah hatinya jadi pemandangan pagi, Senin, 18 Juli 2016. Hari ini menjadi hari pertama sekolah bagi anak-anak yang tinggal di sebagian besar wilayah Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengimbau kepada para ayah ibu agar meluangkan waktu sehari dari 365 hari untuk mengantar putra-putrinya ke sekolah di hari pertama mereka masuk. Hari pertama sekolah merupakan momen besar dalam hidup seorang anak. Dengan mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya, hubungan orangtua dan anak bisa semakin erat. 

Ada banyak cerita di hari pertama sekolah, mulai dari dominasi ibu-ibu yang mengantar sekolah hingga ajang kilas balik mengingat masa-masa saat sekolah dulu bagi mereka yang belum memiliki anak. Semuanya tergambar pada ruang-ruang media sosial.

Didominasi Ibu-Ibu

Tidak hanya ibu-ibu yang mengantar anak, para bapak pun semangat mengantar anak. Istilah-istilah menarik muncul di hari pertama sekolah dari netizen menghiasi media sosial, seperti "banteng ternak" hingga "macan ternak".

"Jd 'Banteng ternak' sejenak; bapak ganteng anter anak 😊👍 #HariPertamaSekolah," cuit @FarriedOkt

Para bapak lain pun turut mengantar anaknya ke sekolah seperti Billy Antoro yang mencuit "Senangnya bisa mengantar Kirana di #HariPertamaSekolah @TK Pembina Tangerang."

Tak hanya anak TK dan SD yang diantar bapak ibunya ke sekolah, para orangtua dari anak-anak SMP pun tetap semangat mengantar buah hatinya. Seperti yang dituturkan oleh Dina dalam akun Path.

#HariPertamaSekolah Adhen sebagai anak SMP dianter Ibu. Ecieee yang udah bujang. Semangat sekolahnya, Ajo! *menyukseskan gerakan ayo #AntarAnakSekolah!

"Gak kerasa sdh tahun ajaran baru lagi dan tau2 dia udh sebesar ini 💖 good luck di #HariPertamaSekolah son!," cuit sang faboluous mommy @FebryMeuthia

@FebryMeuthia mengabadikan Hari Pertama Sekolah saat mengantar anaknya ke sekolah. (Foto: twitter.com/FebryMeuthia)

Ada juga kakak yang mengantar adiknya ke sekolah. Lucunya ia disangka ibu dari anak tersebut oleh guru. Hal ini dialami oleh Mafinda dr. "#HariPertamaSekolah guru: wah ibu perhatian sekali sama anaknya:) | saya kakaknya:" cuit @Madey_rcc

Serba Baru

Tak hanya sekolah atau kelas baru, penyemangat untuk masuk sekolah bagi anak-anak karena ada seragam baru, tas baru, sepatu baru. Semua serba baru. Siapa yang tidak semangat ya jika semua baru.

"Cieee ciee serba baruu. Nganter si bungsu ke sekolah, semoga barokah dn manfaat ilmunya Nduk. #HariPertamaSekolah," cuit @GhufronAM

Putri bungsu Ghufron AM semangat sekolah dengan aneka hal-hal baru. (Foto: twitter.com/GhufronAM)

"Tahun ajaran baru: sepatu baru, tas baru, seragam baru, semangat baru.#HariPertamaSekolah," tweet @gung_1

Ajang kilas balik
Bagi yang belum memiliki anak, euforia hari pertama sekolah jadi ajang kilas balik bagi mereka. Kenangan-kenangan indah dan seru terekam nyata diungkapkan netizen. Seperti cuitan Iwet Ramadhan yang mengenang momen indahnya selalu diantar ayah setiap hari.

"Saya termasuk yang selalu diantar Ayah ke sekolah setiap pagi. Momen dia memasukkan doktrin, yg jadi value hidup saya #HariPertamaSekolah."

Lalu pemilik akun @Adiitoo pun jadi ingat hari-harinya saat duduk di bangku sekolah. "#HariPertamaSekolah gw banyak banget sik yg bisa dikenang. Termasuk ketika jadi murid pindahan lebih dari satu kali."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini