Sukses

Tips Aman Berbagi Foto Anak di Hari Pertama Sekolah

Jangan sampai anak berisiko jadi korban kejahatan pedofilia, bullying, perampokan, atau hal-hal tidak menyenangkan lain.

Liputan6.com, Jakarta Momen hari pertama sekolah Si Kecil bagi sebagian orangtua perlu diabadikan. Terlebih di era gencarnya media sosial seperti saat ini, mengunggah momen-momen penting seakan perlu. Namun hal yang sering tidak disadari orangtua bahaya dari foto yang mereka unggah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengingatkan orangtua ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memasang foto anak. Bila tak cermat, anak bisa alami hal yang tidak menyenangkan.

"Risiko yang dihadapi anak: kejahatan pefofilia, perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas, dll," seperti tertulis dalam flyer Kemdikbud dikutip Senin (18/7/2016).

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan orangtua sebelum memasang foto anak di media sosial seperti disarankan Kemdikbud. 

1. Jangan memasang identitas lengkap anak seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon.
2. Pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan memasang foto anak.
3. Bila ingin berbagi foto, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya tidak pada publik luas.
4. Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan.
5. Pikirkan dari sisi anak, apa ia akan senang dengan foto yang dipasang, atau ia malah merasa malu atau sedih.
6. Jangan memasang foto anak lain tanpa seizin orangtuanya.
7. Ajak keluarga dan teman berhati-hati saat memasang foto anak.

Jika Anda sudah menggunggah foto hari pertama sekolah anak namun belum memperhatikan hal di atas, tak ada salahnya sekarang untuk mengubah. Agar anak Anda terjaga keamanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.