Sukses

Hati-Hati, 4 Masalah Kesehatan Ini Ancam Tubuh Usai Renang

Perhatikan empat masalah kesehatan ini cukup rentan mengancam kesehatan tubuh usai berenang.

Liputan6.com, Jakarta Berenang adalah aktivitas fisik menyehatkan ini. Namun ternyata, berenang cukup rentan untuk menyebarkan bakteri pada tubuh secara cepat.

Bakteri tak terlihat yang hidup dalam air menjadi penyebab utama dari masalah kesehatan. Mengutip laman Health, Senin (18/7/2016) berikut empat masalah kesehatan yang mengancam tubuh Anda.

1. Diare

Air yang mudah terkontaminasi kuman dapat menyebabkan diare, terutama air dalam kolam renang hingga perairan umum seperti laut dan danau.

Ketika air tersebut tertelan dalam jumlah banyak maka tak sedikit kemungkinan tubuh akan terkena diare akibat E-coli yang tersebar di air.

Mindy Benson, seorang perawat sekaligus asisten profesor klinis di UCSF Benioff Children's Hospital, Oakland, mengatakan, "Saya tidak merekomendasikan berenang di tempat pedalaman atau perairan yang Anda tidak terbiasa, terutama pada anak-anak yang cukup berisiko."

2. Pemandian air panas

Air yang terkontaminasi bakteri Pseudomonas aeruginosa menyebabkan ruam pada kulit hingga iritasi.

"Semakin lama kulit terkena air yang terkontaminasi semakin besar kemungkinan tubuh mengalami ruam," kata Benson.

Ruam biasanya muncul disertai gatal, kemerahan, bintik-bintik, hingga lecet bernanah. Meski hal ini biasanya bisa menghilang sendiri dalam beberapa hari, lebih baik segera memeriksakannya ke dokter.

3. Rasa sakit pada telinga

Bakteri dan jamur mungkin saja tumbuh di dalam telinga. Sering kali ditandai rasa gatal, nyeri, dan bengkak pada telinga usai berenang. Kondisi ini dikenal dengan Swimmer’s ear atau Otitis externa. Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa.

Benson mengingatkan untuk mengeringkan telinga terlebih dahulu usai keluar dari kolam renang atau perairan umum.

4. Masalah pernapasan

Kuman yang hidup dalam kolam dapat juga menginfeksi individu yang menghirup uap dari air. Bakteri legionella dalam air ini rentan menginfeksi paru-paru manusia.

Bakteri ini lebih sering ditemukan dalam air bersuhu panas. Pastikan untuk memilih pemandian air panas yang bersih dan aman. Itu karena bakteri ini menyebabkan batuk, sesak napas, nyeri dada, demam, menggigil, dan nyeri otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.