Sukses

3 Minuman yang Perlu Dihindari Saat Panas Terik

Salah satunya hindari minum teh manis bila haus di panas terik.

Liputan6.com, Jakarta Minum segelas air putih mampu menyegarkan dahaga di panas terik matahari. Beberapa orang ada yang memilih minuman manis yang dingin untuk membuat dahaga hilang. Padahal tak semua minuman tersebut bisa membuat tubuh terhidrasi.

Berikut tiga minuman yang sebaiknya dihindari bila sedang haus di hari yang terik seperti dikutip laman Prevention, Selasa (27/6/2017).

1. Soda

Menenggak soda dingin di siang hari rasanya memang menyegarkan. Namun mengonsumsi minuman ini malah bisa menyebabkan dehidrasi.

Riset terbaru dari American Physiological Society menemukan konsumsi minuman soda malah bisa memperburuk dehidrasi dan menyebabkan masalah ginjal dibandingkan minuman biasa.

Meskipun riset ini dilakukan pada tikus, peneliti merasa bahwa ini bisa menjadi masalah serius pada orang-orang yang gemar minum soda saat haus. Jika memang mendambakan minuman manis di hari yang panas sebaiknya tambahkan saja buah-buah segar dalam gelas minuman biasa Anda.

2. Teh

"Bagi mereka yang gemar konsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi itu bisa benar-benar mempengaruhi asupan cairan Anda," tutur juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Heather Mangieri.

Namun bagi yang jarang mengonsumsi minuman berkafein ketika minum kopi atau teh saat haus akan memiliki dampak besar terutama bila di hari yang panas, ujar Mangieri.

Mangieri menyarankan jika pun memang menginginkan konsumsi teh atau kopi ada baiknya disertai dengan minum air putih. 

3. Alkohol

"Konsumsi alkohol akan memberikan kontribusi besar terhadap meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan saat buang air kecil, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi," tutur Mangieri.

Bila pun benar-benar ingin menenggak alkohol ada baiknya diikuti dengan minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.