Sukses

Trik Mudah Cegah Pertumbuhan Bakteri dalam Kulkas

Kulkas merupakan sarana atau media penyimpan makanan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kuman serta bakteri

Liputan6.com, Jakarta Kulkas merupakan sarana atau media penyimpan makanan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kuman serta bakteri. Seperti misalnya sayuran dan daging, sejumlah makanan wajib disimpan dalam lemari pendingin agar tidak mudah busuk.

Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya mematikan bakteri. Faktanya, bakteri bisa bertumbuh subur didalam kulkas. 

Untuk menghindari bakteri dan kuman berkembang biak dengan pesat dalam kulkas, ada beberapa trik yang bisa mencegah makanan cepat membusuk, seperti dikutip Livestrong berikut ini:

- Jangan menyimpan makanan terlalu penuh

Terlalu banyak menyimpan makanan di dalam kulkas, apalagi hingga overload, akan membuat bakteri mudah berkembang biak karena kontaminasi makanan. 

Kulkas juga membutuhkan sirkulasi udara. Jadi jika anda menaruh daging segar di dalam kulkas, ada baiknya jika Anda beri jarak penyimpanan dan bersihkan tumpahan cairan yang berasal dari daging tersebut agar tidak terjadi kontaminasi silang terhadap makanan lainnya.

- Periksa tanggal kedaluwarsa pada makanan

Segera buang makanan yang sudah basi, kedaluwarsa, dan tidak segar. Karena kondisi yang sudah rusak tersebut berpotensi pertumbuhan bakteri dan kuman yang berfungsi sebagai pembusuk atau pengurai makanan.

Jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara rutin untuk memperpanjang umur kulkas.

 

***Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini