Sukses

Lakukan Trik Yes or Yes agar si Kecil Doyan Sayur dan Buah

Untuk membuat anak menyukai sayur memang bukan perkara mudah.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua anak menyukai sayur dan buah. Meski begitu, orangtua diharapkan jangan mudah menyerah untuk mengenalkan pola makan sehat.

Psikolog Anak Chitra Annisya, M.Psi mengatakan, untuk membuat anak menyukai sayur memang bukan perkara mudah. Si Kecil biasanya trauma saat makan sayur karena terbiasa dengan rasa yang enak. Tapi ada trik yes or yes sebenarnya yang bisa dilakukan.

"Kalau anak enggak suka bayam, biarkan saja. Tapi beri pilihan, seperti misalnya, 'Oke, kamu bisa pilih bayam atau tomat'. Biarkan dia memilih, kemudian jelaskan manfaatnya. 'Kalau kamu makan sayur, kamu bisa lebih pintar'. Begitulah si Kecil, dia akan menghubungkan sebab akibat," kata Chitra beberapa waktu lalu. 

Meski begitu, kata dia, tanpa orangtua memberikan contoh makan sehat, hal ini akan percuma. Sebab anak akan melihat konsistensi orangtua.

"Lakukan perubahan secara bertahap. Dan berikan dia pujian serta dukungan emosional ketika dia mau makan sayur, 'anak pintar'. Dengan begitu dia akan lebih percaya diri dan menyukai hidup sehat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini