Sukses

Anak Migrain, Apa Sebabnya?

Ketika tubuh kekurangan Vitamin D, riboflavin, dan co-enzim Q10 menyebabkan anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda jadi migrain.

Liputan6.com, New York- Ada berbagai hal penyebab migrain, namun studi terbaru ungkap kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan migrain. Yakni kekurangan Vitamin D, riboflavin, dan co-enzim Q10.

Ketika tubuh kekurangan tiga komponen di atas menyebabkan anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda jadi migrain. Hal ini diketahui berdasarkan pasien migrain yang dirawat di Cincinnati Children Headache Center di Amerika Serikat.

Menurut pemimpin penelitian Suzanne Hagler, anak perempuan dan wanita muda yang alami migrain cenderung kekurangan coenzim Q10 dibandingkan pria. Sementara remaja pria dan pria muda cenderung kekurangan Vitamin D seperti dikutip laman Science Daily, Senin (20/6/2016).

Lalu, pada pasien yang mengalami migrain kronis cenderung kekurangan co-enzim Q10 dan riboflavin dibandingkan mereka yang migrain episodik. Namun belum dilakukan penelitian lanjutan apakah dengan mengonsumsi suplemen vitamin membuat perubahan signifikan pada mereka yang sering migrain.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan apakah konsumsi suplemen vitamin efektif mengatasi migrain. Dan apakah pasien dengan kekurangan vitamin mendapatkan keuntungan dari konsumsi suplemen vitamin," tutur Hagler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.