Sukses

Rayakan Hari Yoga Internasional, Ribuan Orang Yoga Bersama

Hujan tak hentikan ribuan orang dari Jabodetabek untuk mengikuti acara yoga bersama dalam perayaan Hari Yoga Internasional,

Liputan6.com, Jakarta Hujan tak menghentikan langkah sekitar dua ribuan orang dari Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti acara yoga bersama di Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (18/6/2016) pagi. Acara yang digelar oleh Kedutaan Besar India ini memang spesial yakni memperingati Hari Yoga Internasional atau International Day of Yoga yang jatuh pada 21 Juni nanti.

Sekitar pukul 06.30 yoga bersama pun dimulai. Di bawah arahan master yoga dari India, Arun Yvle dibantu artis Anjasmara serta dua instruktur yoga lainnya ribuan orang melakukan gerakan yoga bersama. Semangat mereka pun tak hilang meski masih hujan rintik-rintik.

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum saat memberikan sambutan pada peringatan acara Hari Yoga Internasional di Jakarta pada Sabtu (18/6/2016).

"Ya, sekitar ada dua orang ribuan datang ke sini. Jumlah ini sesuai harapan kami walau hujan namun masih banyak orang bermai-ramai ke sini yoga," tutur Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum usai acara.

Dalam kesempatan itu pula Nengcha mengungkapkan kegiatan yang berasal dari India ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, serta menciptakan harmoni antarmanusia, masyarakat, dan lingkungan.

Pendapat serupa pun diungkapkan Arun. Menurut pria yang juga melatih yoga di Kedutaan Besar India untuk Indonesia ini berlatih yoga amat penting bagi masyarakat modern.

"Yoga itu untuk semua. Tidak melihat ras atau agama. Berlatih yoga amat baik untuk mencegah aneka penyakit datang, serta membuat hidup jadi lebih seimbang. Ini sangat baik bagi masyarakat modern," tutur Arun.

Ribuan orang memadati Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta dalam perayaan Hari Yoga Internasional. (Foto: Kedubes India untuk Indonesia)

Perayaan Hari Yoga Internasional tidak hanya dilakukan di Jakarta. Pada Minggu 19 Juni 2016 akan dilakukan di Bali dan Surabaya. Lalu pada 26 Juni 2016 dilakukan di Medan dan Yogyakarta. Nengcha memprediksi ribuan orang pada masing-masing kota akan hadir untuk beryoga bersama.

Yoga merupakan aktivitas fisik, mental dan spiritual yang telah berumur ribuan tahun dari India. Pada 11 Desember 2014, Majelis Umum PBB mendeklarasikan bahwa tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Sedunia.

Tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Sedunia dipilih karena saat matahari berada di ujung utara sebagai awal dari musim panas. Lalu pada tanggal tersebut merupakan hari terpanjang sepanjang tahun di Belahan Bumi Utara dan juga mengandung makna khusus di banyak bagian dunia lainnya.

Berikut keseruan yoga bersama:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.