Sukses

10 Gejala Umum Tumor Otak yang Perlu Anda Tahu

Jangan pernah meremehkan rasa sakit kepala, mual, atau hilangnya penyeimbangan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sering merasa sakit kepala, mual, pengelihatan kabur, atau tak bisa menyimbangi diri sendiri? Jangan remehkan gejala itu, karena kondisi tersebut yang mendasari timbulnya penyakit tumor otak.

Tumor otak adalah pertumbuhan sel massal atau abnormal yang terjadi pada otak Anda. Secara umum, ada dua jenis tumor, yaitu sebagai kanker (ganas), atau non kanker (jinak).

Penyakit itu mengarah kerusakan sel-sel otak yang kadang berubah menjadi fatal. Tumor otak dapat menyerang semua usia, dilansir Boldsky, Rabu (8/6/2016).

Namun, ada juga yang menderita tumor karena turunan. Banyak dari mereka yang tidak tahu kalau menderita tumor otak karena penyakit tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala khusus.

Hanya ketika tumor tumbuh lebih besar, kesehatan akan menurun. Mereka pun harus cek up untuk mendapatkan diagnosis. Berikut ini ada 10 gejala umum dari tumor otak yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang paling umum. Biasanya terjadi pada pagi hari, dan sering dirasakan. kalau memiliki gejala seperti itu segeralah periksakan diri.

2. Mual dan muntah

Tak berbeda dengan sakit kepala, mual pun terjadi pada pagi hari. Bisa jadi itu adalah gejala tumor otak.

3. Pengelihatan

Bagi mereka yang memiliki tumor di sekitar lobus oksipital, cenderung mengalami masalah pengelihatan. Pengelihatan mereka jadi kabur, dan sulit mengidentifikasi objek dan warna.

4. Hilang sensasi

Ketika seseorang memiliki tumor di lobus parietal otak, mereka cenderung kehilangan sensasi, gerakan di sekitar lengan, dan kaki. Tumor memengaruhi saraf.

5. Hilang keseimbangan

Seseorang yang memiliki tumor akan kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh mereka. Sepertinya otak kecil memengaruhi gerakan.

6. Sulit bicara

Tumor yang ada di sekitar lobus temporal, akan memengaruhi pembicaraan. Mereka sulit untuk mengucapkan kata-kata.

7. Bingung

Adanya tumor otak di lobus parietal menyebabkan sulitnya memahami berbagai sensasi. Untuk itu, mereka kebingungan untuk melakukan kegiatan rutin sehari-hari.

8.Perubahan perilaku

Bagi mereka yang memiliki tumor di lobus frontal, mereka akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku. Mereka juga memiliki masalah dalam belajar menerima informasi baru.

9. Kejang

Selain sakit kepala, kejang juga menjadi gejala paling umum dari tumor otak.

10. Masalah pendengaran

Jika Anda memiliki tumor di lobus temporal otak, mereka cenderung menemukan kesulitan dalam pendengaran, atau menghadapi gangguan pendengaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini