Sukses

Cukup 15 Menit, Pose Yoga Ini Mampu Cegah Hipertensi

Pose yoga yang memfokuskan tubuh menempel dinding ini mampu mencegah hipertensi, juga memperlancar aliran oksigen dalam darah.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi terjadi ketika aliran darah lebih tinggi dari ukuran atau tingkat normalnya. Di mana kondisi tersebut menyebabkan beberapa risiko dalam sistem tubuh manusia.

Jumlah tekanan darah normal biasanya berada di angka 120/80. Saat tekanan meningkat akan dapat melampaui 150/100 atau bahkan lebih. Ketika peningkatan terjadi tak menutup kemungkinan seseorang terserang penyakit seperti stroke jantung, serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga kematian mendadak.

Mengutip laman Boldsky, Kamis (19/05/2016) hipertensi yang tidak memandang usia dan gender ini harus diwaspadai sejak dini dengan mengatur gaya hidup sebaik mungkin. Dan pencegahan termudah adalah dengan melakukan gerakan dan pose yoga bernama Viparita Karani.

Pose yoga ini dapat Anda lakukan setiap hari di rumah sebelum tidur atau saat bangun tidur. Dengan memposisikan tubuh berbaring di lantai atau ranjang lalu mengangkat kedua kaki ke atas sehingga menempel pada dinding. Bukan hanya mampu mencegah hipertensi, bahkan pose yoga ini dipercayai mampu menyembuhkan sakit kepala dan migrain.

Saat tubuh berada pada pose yoga ini, sirkulasi darah akan terangsang dan aliran darah akan mengalir lebih kuat, serta akan memasok oksigen ke dalam darah lebih efektif. Ikuti langkah mendapatkan pose Viparita Karani berikut ini :

1. Berbaringlah di lantai atau ranjang yang berdekatan dengan dinding. Lalu atur pernapasan sebaik mungkin.

2. Angkat kaki ke atas, hingga menempel atau menyentuh dinding dalam posisi tumit menyentuh dinding, lalu hembuskan napas.

3. Tempatkan tulang belakang berada di posisi yang lurus dan lutut harus ditekuk sedikit, sehingga lutut tidak akan keram dan tegang.

4. Tahan pose ini selama 10 hingga 15 menit. Kemudian ambil posisi normal, dan lemaskan tubuh selama beberapa saat.

Viparita Karani For High Blood Pressure

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini