Sukses

Lakukan Trik Mudah Ini untuk Turunkan Berat Badan

Minum air putih satu gelas ukuran besar atau 500 ml sebelum makan, terbukti bisa turunkan berat badan.

Liputan6.com, London - Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah meneguk air minum sebelum makan. Minum air putih sebanyak 500 mililiter atau dua gelas air ukuran besar sebelum makan bisa menurunkan berat badan orang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas.

Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan studi terhadap orang obesitas dan berat badan berlebih. Mereka terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama, menjalani diet hipokalori (hypocaloric diet). Partisipan yang terlibat dalam penelitian mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada energi yang dikeluarkan.

Sementara itu pada kelompok kedua juga melakukan diet hipokalori, namun diminta untuk memperbanyak asupan air putih sekitar 500 mililiter 30 menit sebelum makan. Hal ini dilakukan selama 12 minggu.

Apa saja manfaat air putih untuk kecantikan tubuh?

Hasilnya, sungguh menarik. Partisipan pada kedua kelompok berhasil menurunkan berat badan sekitar 5-8 kg. Namun, penurunan berat badan lebih banyak terjadi pada kelompok yang menjalankan diet hipokalori serta minum banyak air sebelum makan.

Ternyata, minum air sebelum makan bisa menurunkan 40 kalori setiap kali makan. Sehingga berat badan mereka turun lebih banyak seperti melansir laman Daily Mail, Rabu (4/5/2016).

Para peneliti yang studinya dipublikasikan dalam jurnal Obesity ini pun menyarankan bagi orang obesitas maupun berat badan berlebih untuk memperbanyak asupan air putih. Serta minum dua gelas air ukuran sedang atau setara 500 ml sekitar 30-60 menit sebelum makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.