Sukses

Jerawat Seringnya Tumbuh di Tempat yang Sama, Mengapa Begitu?

Banyak orang yang sering mendapati jerawat tumbuh di tempat yang sama. Mengapa bisa begitu? Simak jawabannya.

Liputan6.com, New York- Bagi Mita (23), jerawat tumbuhnya tak jauh-jauh dari sekitar dahi. Jika bulan lalu jerawatnya tumbuh di sekitar tengah dahi, maka nanti juga muncul di sekitar area tersebut lagi. Namun tak hanya dia yang mengalami hal tersebut, banyak orang mengalami hal yang sama seperti dituturkan Direktur Riset Kosmetik dan Klinik Hospital, New York, Amerika Serikat, Joshua Zeichner.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan jerawat tumbuh lagi di tempat yang sama, seperti dijelaskan oleh Zeichner menjelaskan di laman Women's Health, dikutip Sabtu (19/3/2016).

1. Memencet jerawat
Jika Anda pernah memencet jerawat, hal tersebut mengakibatkan jerawat tak sepenuhnya "sembuh". Hal tersebut membuat jerawat kembali meradang seperti diungkap Zeichner. "Mungkin itu nampak seperti jerawat yang sama, tapi sebenarnya tidak," tambah Zeichner.

2. Kebiasaan buruk memegang wajah
Jerawat bisa jadi disebabkan oleh ketidakbersihan pada area wajah. Salah satunya didapat dari kebiasaan tangan memegang area wajah. Misalnya pada saat stres atau saat membaca sesuatu. Dan biasanya orang menyentuh pada area wajah yang sama.

"Menyentuh wajah berulang kali di area yang sama mendorong kotoran dan minyak masuk ke dalam pori-pori kulit yang nantinya menimbulkan jerawat," terang Zeichner.

3. Menstruasi
Tak sedikit wanita yang menjelang menstruasi akan muncul jerawat di beberapa titik sudut wajahnya. Paling banyak, menurut Zeichner jerawat hadir di sekitar hidung ke bawah.

"Saya tidak tahu persis mengapa hal tersebut terjadi, namun mungkin karena kelenjar minyak di bagian bawah wajah lebih sensitif terhadap perubahan hormon," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.