Sukses

Punya Cucu, Ini Keuntungan yang Bakal Didapat Jokowi

Baru dikaruniai cucu pertama, Jokowi dulang keuntungan jadi kakek dari sisi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran cucu pertama Jokowi tak hanya saja membuat hidup beliau semakin sempurna - orang dewasa yang tengah menjadi kakek atau nenek baru secara tak disadari mendapatkan keuntungan luar biasa baik dari segi psikologis juga fisik.

Melansir laman Reader's Digest, ditulis Kamis (10/3/2016) menjadi seorang kakek dan menghabiskan waktu bersama cucu memberi beragam keuntungan dari sisi kesehatan, yaitu:

 1. Lebih aktif

Ketika Jokowi memiliki cucu, ia akan lebih aktif bergerak. Terlebih ketika cucunya ini sudah bisa berjalan. Aneka aktivitas bisa dilakukan bersama cucu mulai dari berolahraga bersama hingga berkebun.

"Kakek nenek jadi lebih aktif secara fisik karena sering berjalan bersama cucu," tutur dokter penyakit dalam, Kristine Arthur.

2. Risiko terkena depresi lebih rendah

Kehadiran cucu memang menimbulkan kebahagiaan bagi kakek nenek. Hubungan emosi mereka lebih dekat, dan hal itu menurunkan gejala depresi, baik bagi si kakek maupun cucu itu sendiri. Hal ini didapat lewat studi jangka panjang dari 376 lansia dengan 340 cucu.

3. Tetap terus mempelajari hal baru

Meski nanti waktu Jokowi tak sering dihabiskan bersama sang cucu, namun ia tetap mempelajari banyak hal baru. Arthur mengatakan ketika cucu mulai tumbuh besar kakek mendapat keuntungan hal baru seperti mencegah hilangnya ingatan dengan bermain teka-teki dan permainan lainnya - bahkan belajar menggunakan teknologi terbaru.

4. Miliki imun yang kuat

Memeluk juga menggenggam tangan sang cucu dapat memperkuat kekebalan tubuh hingga membuat lebih awet muda. Arthur mengatakan, "Saat seseorang lebih sering menyentuh mereka mengalami penurunan sel inflamasi dan peningkatan sel darah putih."

Studi dari University of Virginia pun menguatkan hal ini. Dengan memegang tangan dapat mengurangi rasa sakit juga tekanan darah. Walter Neiri, MD dari Banner Sun Health Research Institute in Sun City, Ariz, mengatakan, "Ciuman atau memegang tangan mampu memberikan rasa ketenangan, kedamaian, dan keamanan saat seseorang yang sedang stres."

5. Menemukan semangat kembali

Orang semakin tua sering kali mengalami rasa kesepian juga mulai kehilangan hubungan dengan kerabat dan anggota keluarga lainnya.

Menurut Pew Research Center, 17 persen orang dewasa dengan usia di atas 65 tahun merasa kesepian, dan kelahiran cucu dapat melawan rasa tersebut. Mereka juga miliki rasa tanggung jawab yang lebih untuk merawat cucu mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini