Sukses

Diet Apa yang Cocok untuk Pria?

Seperti apa diet yang pas untuk para pria?

Liputan6.com, Jakarta Berbagai metode diet sering kali membuat bingung. Ada diet mayo, diet mediterania, atau diet OCD ala Deddy Corbuzier. Bagi beberapa orang, jenis diet ini mungkin pernah dicoba, tapi lagi-lagi rasanya kurang cocok. Khususnya bagi pria yang notabene senang makan banyak. Lantas, seperti apa diet yang pas untuk para pria?

Penasihat nutrisi Kesehatan Pria, Alan Aragon, MS mengatakan, sebenarnya ada cara yang paling pas untuk semua orang agar berat badannya turun, yaitu puasa. 

"Puasa memengaruhi metabolisme manusia. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism disebutkan, puasa dapat membakar lebih banyak lemak sehingga efektif menurunkan berat badan dengan cepat," katanya, seperti dikutip Menshealth, Selasa (16/2/2016).

Meski begitu, terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat bagaimana puasa dapat menurunkan berat badan. Sebab para ahli diet sepakat, memperbaiki pola makan itulah yang utama.

"Perlu semacam rencana agar diet Anda berhasil," kata Alan. Seperti apa rencananya? Berikut ulasannya. 

1. Makan enam kali

Makan enam kali sekali dengan masing-masing 300 kalori. "Banyak orang berpikir, makan itu harus seimbang antara protein, pati, dan sayuran, tetapi itulah yang menyebabkan makan jadi banyak. Coba makan dengan piring berukuran tiga kali lebih kecil. Tapi tenang, Anda bisa makan sebanyak enam kali sehari," katanya.

2. Batasi bukan tidak makan

Jika Anda berolahraga di pagi hari, minum protein shake sebelum menuju ke pusat kebugaran untuk menahan lapar di pagi hari. Kemudian konsumsi makanan seimbang, bukan cheese burger lengkap dengan sayur ya. Pastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi dan serat sehingga tidak mudah lapar.

3. Tiga kotak sehari

Jika Anda lapar di sore hari, sebisa mungkin sediakan camilan buah seperti apel, atau kacang-kacangan seperti almond. Makanan ini dapat mengekang rasa lapar. Selebihnya, usahakan makan dua jam sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini