Sukses

Sahabat Ternyata Efektif Mengusir Stres

Jika Anda merasa stres, usir hal ini dengan cara kongkow bersama sahabat.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merasa stres, usir hal ini dengan cara kongkow bersama sahabat.

Sebuah studi baru menemukan, saat berada dalam keadaan yang membuat stres, berada di dekat sahabat bisa menurunkan kadar hormon kortisol, alias hormon pembuat stres di tubuh Anda.

"Penemuan ini memberikan pemahaman lebih baik tentang bagaimana hubungan yang akrab bisa berfungsi sebagai bumper saat Anda berjuang melewati pengalaman yang negatif," para peneliti menulis di dalam studi ini. 

Untuk penelitian ini, Adams dan koleganya mengumpulkan sekitar 100 orang anak berusia 10-12 tahun, dan meminta mereka untuk menulis jurnal sebanyak lima kali sehari selama empat hari sekolah.

Tulisan di dalam jurnal ini untuk mengindikasikan perasaan apa saja yang mereka rasakan dalam waktu 20 menit terakhir saat mereka menulis jurnal tersebut. Sama juga halnya perasaan yang mereka rasakan saat menghabiskan waktu berdua saja dengan salah satu orangtua, kakak dan adik, teman sekelas, sahabat, orang asing, guru, pacar, dan orang-orang lainnya.

Peneliti juga menguji kadar hormon kortisol menggunakan sampel dari air liur.

Mereka menemukan, di saat-saat yang sulit, anak-anak yang melaluinya bersama sahabat mereka memproduksi lebih sedikit hormon kortisol dibanding mereka yang tak melaluinya bersama sahabat.

Seperti yang dikutip dari Huffington Post, Minggu (14/2/2016), walaupun penelitian ini dilakukan hanya pada anak-anak, namun peneliti lain mengatakan bahwa lingkungan kerja yang akrab bisa meningkatkan kesehatan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.