Sukses

Ingin Sukses Menjadi Vegan? Kenali Kiat Berikut Ini

Kiat untuk memulai diri menjadi vegan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak menginginkan postur tubuh ideal dan menawan, bahkan Jennifer Lopez kerap menjalani pola makan vegan untuk menghilangkan beberapa kilogram lemak dari tubuhnya.

Vegan yang berasal dari vegetarian merupakan salah satu program diet dengan mengkonsumsi makanan berbasis tumbuhan. Seperti dilansir pada The Daily Meal, ditulis Selasa (19/01/2016) ada beberapa kiat untuk Anda yang ingin menjadi seorang vegan, demi mencapai tubuh yang ideal.

1. Teliti dalam membaca label makanan dan minuman

Sebagian makanan dan minuman yang sudah terkemas cantik berasal dari kandungan dalam hewan dan tumbuhan. Saat membelinya, sebagian besar orang hanya terpaku oleh varian rasa yang ditonjolkan. Padahal label pada kemasan menerangkan sederet kandungan yang wajib diketahui.

Untuk menjadi seorang vegan, Anda diharuskan untuk membaca kandungan setiap hendak membeli makanan atau minuman dalam kemasan, pasalnya kandungan tersebut dapat dipastikan berpotensi mengagalkan diet vegan Anda.

Misal pada kandungan gelatin yang berasal dari kulit atau tulang hewan, kandungan lemak dari lemak hewani, kasein yang berasal dari protein susu, terkadang berasal di keju, kandungan carmine yang sebagian besar ditemukan dalam kosmetik, dan kadar gula yang berbahan dasar untuk pembuatan permen perlu dihindari oleh para vegan.

2. Mempersiapkan makanan lebih awal

Jika Anda sering bepergian, atau tinggal di suatu tempat yang tidak begitu banyak menyediakan makanan vegan, bawalah makanan ringan yang sehat dapat membantu proses vegan lebih maksimal. Makanan yang mengandung garam laut dan coklat sangat cocok untuk memberikan dorongan protein pada tubuh vegan. Menambahkan kacang panggang atau bagel serta buah utuh sangat disarankan.

3. Bersihkan sayuran dan buah dengan maksimal

Mencuci, memotong, dan memasak semua sayuran sebaiknya dilakukan saat ingin mempersiapan makanan tepat sebelum menyantapnya, dibandingkan melakukannya lebih awal dan menyimpan makanan kembali tanpa langsung diolah.

4. Sediakan makanan vegan di dapur

Dengan menyediakan atau memasok makanan vegetarian lebih banyak di dapur memudahkan Anda untuk memperoleh makanan di rumah. Menyediakan sayuran, susu non lemak, sirup maple, buncis kalengan, dan pisang sangat dianjurkan demi sukses menjadi seorang vegan.

5. Memotivasi diri sendiri

Mengikuti akun media sosial vegan atau mendatangi laman khusus vegan untuk mendapatkan resep dapat menjadikan inspirasi juga motivasi disetiap hari.

6. Transisi makanan secara perlahan

Berkomitmen untuk menjadi vegan harus sanggup untuk menukar makanan Anda dalam waktu seminggu dengan menghilangkan makanan hewani - mengganti daging dengan sayuran atau tahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.