Sukses

Melanoma, Kanker Kulit yang Paling Berbahaya

Jika dibanding sel basal dan skuamosa, melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Karsinoma bermacam-macam jenisnya. Namun, dibandingkan sel basal dan skuamosa, melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Sebab, sel basal dan skuamosa dapat disembuhkan jika ditemukan dan diobati sejak dini ketika ukurannya masih kecil dan belum menyebar. Namun tidak demikian dengan melanoma.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi RSU Bunda Jakarta, Afrimal Syafarudin menjelaskan, melanoma dimulai dari melanosit, sel yang memproduksi pigmen kulit cokelat atau melanin.

"Melanin ini yang memberikan warna pada kulit. Melanin berfungsi membantu melindungi lapisan kulit yang lebih dari efek berbahaya sinar matahari," kata Afrimal dalam diskusi "Skin Cancer Awareness: Cegah Kanker Kulit" di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2016).

Lebih lanjut, melanoma ini bisa dimulai di hampir semua bagian kulit, bahkan di tempat-tempat yang biasanya tidak terkena sinar matahari, seperti daerah genital atau anal, bawah kuku, mata bahkan rongga mulut.

Melanoma hampir dapat disembuhkan jika ditemukan pada tahap yang sangat awal. Tapi melanoma mudah sekali menyebar sehingga sulit diobati. Maka itu, melanoma menjadi penyebab utama kematian karena kanker kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini