Sukses

4 Rutinitas Pagi Hari untuk Dapatkan Jiwa yang Sehat

Kurang cukup mendapatkan tidur di malam hari, dapat memberikan efek tidak sehat untuk tubuh dan pikiran dalam menjalankan aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Saat kelelahan dan kurang mendapatkan tidur yang cukup, seseorang akan mengawali pagi hari yang buruk seperti perasaan grogi dan kesulitan fokus.

Seperti dilansir dari laman Huffington Post, Selasa (12/01/2016), dengan menjalankan beberapa kiat sederhana di pagi hari memungkinkan Anda mendapatkan hari yang menyenangkan dengan jiwa yang sehat.

1. Bangun lebih awal

`Mengembalikan nyawa` saat terbangun di pagi hari memerlukan waktu beberapa saat untuk kembali fokus. Dengan memberikan kesempatan tidur lebih awal dan bangun lebih awal, dapat membantu konsentrasi saat menjalani hari Anda.

Pope Francis adalah orang yang mencintai bangun di waktu fajar, ia terbiasa terbangun mulai pukul 4:30, untuk berdoa lebih awal dan merenungkan diri.

2. Berdoa saat terbangun dari tidur

Banyak tradisi keagamaan yang menjalankan perintah agamanya dengan berdoa di pagi hari. Muslim memiliki ajaran ritual yang telah ditentukan yaitu dengan menjalankan shalat. Semua manusia dengan kepercayaan yang beragam selalu berdoa di pagi hari, dengan tujuan berterima kasih kepada tuhan telah diberikan kesempatan untuk menjalani hari yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dengan Fisik dan Musik

3. Mulai lakukan kegiatan fisik

Setelah terbangun dari tidur panjang, meregangkan tubuh dengan berjalan-jalan beberapa saat dapat memanaskan tubuh untuk lebih siap melakukan aktivitas seharian penuh. Jika alat treadmill tersedia di rumah, gunakan beberapa saat untuk mengganti aktivitas jalan di luar rumah.

Selain itu dengan melakukan kegiatan fisik di luar rumah, tubuh pun secara langsung mendapatkan kesehatan dari sinar matahari dan udara segar di pagi hari.

"Gerakan adalah bagian penting untuk memulai hari", ujar Cassi Christiansen seorang pelatih dari coaching company Ulumination yang berbasis di Oregon. 

4. Mendengarkan musik

Jika seseorang memiliki kesulitan bangun pagi atau menemukan waktu untuk bermeditasi, dengan mendengarkan musik seseorang akan lebih mudah untuk memfokuskan diri.

Seorang penulis sekaligus spriritualis, Reba Riley menghabiskan waktu selama satu tahun untuk mengeksplorasi berbagai agama yang bertujuan mengatur dirinya sendiri mengatakan bahwa, "Dengan mendengarkan musik di pagi hari saya mendapatkan banyak inspirasi."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.