Sukses

Koleksi-koleksi Lukisan Karya Pak Raden

Bukan cuma pendongeng, Pak Raden juga pelukis dengan karya-karya indah. Sungguh sosok multitalenta.

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuma pendongeng, Drs Suyadi atau yang lebih dikenal publik sebagai Pak Raden yang meninggal di usia 82 tahun ini merupakan sosok multitalenta. Salah satunya adalah kemahirannya dalam menorehkan garis, warna, dan cerita ke atas sebuah kanvas menjadi lukisan.

Salah satu kisah tentang lukisannya yang diingat publik yakni pada tahun 2013. Saat itu Pak Raden pernah ingin menjual lukisannya yang berjudul 'Perang Kembang' kepada Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Lukisan tersebut dibanderol seharga Rp 60 juta untuk pengobatan kakinya. 

Bahkan sebelum meninggal, ada sebuah lukisan yang belum rampung dikerjakannya. Gambaran kasar sepertinya sudah selesai yang menceritakan tentang dalang sedang beraksi di depan penonton. Beberapa bagian sudah berwarna sementara yang lain masih berupa coretan seperti nampak dalam foto berikut.

Salah satu lukisan karya almarhum Pak Raden yang belum terselesaikan terlihat di ruangan di rumah duka Petamburan III, Jakarta (30/10/2015). Sang kreator Si Unyil ini senantiasa menemani kita sejak tayang pada tahun 1981. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

 

Di luar itu karya lukisan Pak Raden ada banyak. eberapa di antaranya sebagai berikut seperti diambil dari laman pakraden.org pada Minggu (1/11/2015)

Lukisan Pak Raden

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peniup seruling

Lukisan Pak Raden

Berlatar warna merah kemudian para pemain suling di depannya. Pak Raden berhasil membuat lukisan ini menarik mata.

 

3 dari 5 halaman

Penari cantik

Lukisan Pak Raden

Penari nampak anggun dan gemulai digambarkan Pak Raden dalam lukisan ini. Para penonton nampak terpesona gerak-gerik kedua penari yang terlihat berisi ini.

 

Lukisan Pak Raden

Lukisan yang tak kalah menarik dan sepertinya masih menggambarkan pertunjukkan musik maupun tari di desa. 

 

4 dari 5 halaman

Wayang

Lukisan Pak Raden

Pak Raden piawai melukiskan tokoh wayang.

 

5 dari 5 halaman

Zaman kerajaan

Lukisan Pak Raden

Kehidupan zaman kerajaan nampak jelas di lukisan karya Pak Raden satu ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini