Sukses

5 Hal yang Membuat Kulit Tak Sehat dan Cepat Tua

Apakah Anda sudah puas dengan perawatan kulit Anda yang sekarang, atau terlihat membuat jauh lebih tua?

Liputan6.com, New Delhi - Apakah Anda sudah puas dengan perawatan kulit Anda yang sekarang, atau malah membuat penampilan Anda terlihat jauh lebih tua? Kita perlu berhati-hati kalau saat ini kulit wajah tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Karena bisa jadi gaya hidup hingga perawatan kecantikan yang dipilih selama ini salah.

Dikutip dari India Times, Kamis (29/10/2015) Dr Meghna Gupta, Cosmetic Dermatologist dan direktur dari Delhi Skin Centre membagi lima kesalahan paling umum yang harus diubah agar wajah atau kulit Anda tak berumur 'boros'.

1. Tabir surya

Salah satu hal mendasar yang mungkin Anda lakukan untuk mencegah kerusakan kulit adalah pemakaian tabir surya atau sun block. Tabir surya membantu mencegah kulit terbakar, frecking, dan hiperpigmentasi.

Tapi ada kalanya tabir surya yang Anda pakai tidak memiliki efek. Mungkin ada banyak alasan di baliknya, seperti memilih secara asal mereknya tanpa memeriksa jumlah SPF, tidak mengolesnya ulang setelah dua jam hingga pemakaian tak merata. Semuanya bisa menyebabkan kulit pucat, kusam dan gelap.

2. Pelembab

Meski sudah melakukan perawatan kecantikan, apakah kulit Anda masih kering dan bersisik? Coba tanyakan pada diri sendiri seberapa teratur menggunakan pelembab atau moisturiser.

Kurangnya pelembab juga menyebabkan kulit kusam. Jadi, jangan lupa untuk menggunakannya karena mereka menjaga sel tetap terhidrasi dengan 'menjebak' kadar air di kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Makan & Riasan Wajah

3. Pola makan

Kita sering melupakan fakta bahwa kecantikan datang dari dalam. Apakah Anda mengamati bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan tak sehat terlalu sering, bukan hanya perut yang kena pengaruhnya melainkan juga kulit. 

Kulit Anda juga kena gizi buruk kalau pola makan tak dijaga. Nutrisi pada kulit ini tidak bisa diabaikan. Jadi, antioksidan seperti karotenoid, tocophenols, flavonoid, vitamin (A, C, D, E), omega 3, protein dan lactobacilli, disebut sebagai agen yang mampu meningkatkan kesehatan kulit dan kecantikan masuk ke tubuh hanya melalui nutrisi yang tepat.

4. Pemutihan

Syukuri pemberikan Tuhan dengan cara merawatnya dengan baik. Bila Anda ingin kulit lebih putih, jangan terlalu banyak menggunakan pemutih wajah, apalagi dalam jangka panjang.

Konsentrasi tinggi dari bahan pemutih dapat menyebabkan kerusakan permanen warna kulit, dan dapat juga berkontribusi terhadap penuaan dini kulit Anda.

5. Riasan wajah

Setelah lelah seharian bekerja, Anda mungkin tergoda untuk langsung berbaring ke tempat tidur empuk Anda tanpa membersihkan riasan wajah. Namun berhati-hatilah! Melewatkan 'ritual wajib' ini di malam hari dapat menyebabkan hasil yang buruk kemudian hari.

Pada siang hari, kotoran dan polusi menutupi pori-pori kulit, sehingga jika tidak membersihkan wajah, Anda mungkin memiliki masalah kulit di kemudian hari. Hal ini juga akan membuat kulit Anda pucat dan terlihat lebih tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini