Sukses

5 Makanan Penghalau Uban

Munculnya uban di usia muda bisa jadi merupakan pertanda bahwa individu yang mengalami hal ini kekurangan nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Helai-helai rambut putih atau uban umumnya muncul ketika seseorang beranjak tua. Namun, terkadang uban-uban bandel pun hadir lebih dini pada individu tertentu.

Munculnya uban di usia muda bisa jadi merupakan pertanda bahwa individu yang mengalami hal ini kekurangan nutrisi atau bersifat genetis.

Menutupi uban dengan mewarnai rambut terus-menerus tentu akan melelahkan serta kurang baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi, tak ada salahnya mengatasi masalah ini dengan cara ningkatkan nutrisi tubuh.

Berikut jenis makanan yang bisa meningkatkan nutrisi dan menghalau timbulnya uban di usia dini, dikutip dari laman Livestrong, Senin (26/10/2015):

1. Sayuran berdaun hijau

Konsumsi sayuran berwarna hijau pekat untuk mendapatkan asupan vitamin B penting. Kulit kepala Anda mengandalkan vitamin B-6 dan B-12 untuk memproduksi sel darah merah yang mengangkut oksigen serta nutrisi. Warna rambut juga berkaitan dengan hormon dan vitamin B-2 memainkan peran penting dalam produksi hormon.

2. Cokelat

Tembaga sangat diperlukan untuk menghasilkan melanin, sumber warna rambut. Jika tubuh kekurangan tembaga maka bisa menyebabkan munculnya uban. Untuk mendapatkan asupan tembaga, Anda bisa mengonsumi cokelat, lentil, dan jamur.

3. Salmon

Salmon sering dibicarakan karena manfaat kesehatannya. Jadi tak mengherankan jika konsumsi salmon juga baik bagi kesehatan rambut. Selenium dalam salon membantu produksi hormon yang penting bagi rambut. Proses ini pun membantu mineral memerangi radikal bebas yang bisa mengakibatkan timbulnya uban.

4. Buah berry

Buah-buahan jenis berry, terutama strawberry bisa meningkatkan asupan vitamin C yang membantu memproduksi kolagen (biasa ditemukan dalam folikel rambut) dan memerangi radikal bebas.

5. Almond

Anda juga bisa mengudap almond untuk mendapat asupan vitamin E dan tembaga. Di samping itu almond juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.