Sukses

Tak Hanya Lezat, Makanan Ini Ampuh Usir Depresi

Perlu mood-booster yang lezat? Coba cek gerai seafood terdekat!

Liputan6.com, Jakarta Perlu mood-booster yang lezat? Coba cek gerai seafood terdekat! Penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of Epidemiology & Community Health menyarankan, mengonsumsi ikan sejenis salmon, tuna, sarden, dan pollock bisa membuat Anda terhindar dari depresi.

Jika Anda ingin mendapat mood yang sangat baik, pilih ikan yang mengandung lemak. Studi lain yang terpisah menemukan, ikan yang mengandung lemak tersebut sangat efektif mengatasi gangguan mental seperti manic depression dalam jangka waktu 5 bulan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Contoh studi pertama, wanita yang secara rutin makan ikan 16 persen berisiko lebih rendah terkena depresi. Sementara pria berisiko 20 persen lebih rendah ketimbang mereka yang kurang makan ikan. Karena ini merupakan studi yang bersifat observasi, peneliti tak dapat secara pasti menemukan apa yang menyebabkan hal itu. Meski demikian mereka memiliki beberapa dugaan bagaimana perubahaan mood menjadi lebih baik ini terjadi.

Salah satunya, asam lemak omega-3 ikan bisa jadi secara tertentu memengaruhi otak sehingga mengubah tingkat dopamin dan serotonin. Keduanya merupakan neurotransmitter yang berkaitan dengan depresi, ungkap rekan penulis penelitian, Dongfeng Zhang. Atau, protein berkualitas tinggi, vitamin, dan mineral memiliki efek pelindung. Dan tentunya penggemar ikan cenderung makan dengan pola makan sehat dan lebih banyak berolahraga - faktor yang mengurangi risiko depresi.

Sementara studi ke-2, 9 masalah bipolar (depresi manik) dihalau oleh peneliti hanya dalam waktu 4 bulan karena omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon, tuna, dan sarden sangat efektif memperbaiki mood. Dan penelitian lain menyarankan, Anda dapat memperbaiki mood hanya dengan mengonsumsi ikan dua kali seminggu.

Bagaimana jika tak suka ikan? Tak masalah, ada makanan lain yang juga bisa memperbaiki mood Anda, misalnya aprikot, yoghurt, dan cokelat. Makanan tersebut akan membuat Anda merasa lebih baik, dilansir dari laman Prevention, Jumat (16/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini