Sukses

4 Bahaya Terlalu Sering Main Media Sosial

Mulai dari kecanduan hingga masalah percaya diri.

Liputan6.com, New Delhi Path, Instagram, Facebook tak pernah ketinggalan menjadi wadah sejarah kehidupan masyarakat modern. Berbagai macam momen menarik diunggah ke media sosial. Namun jika digunakan berlebihan mampu berdampak pada kesehatan mental seseorang tanpa disadari.

Berikut empat dampak buruk media sosial bagi kesehatan mental manusia seperti dilansir dari laman The Times of India, Senin (12/10/2015).

1. Kecanduan

Studi mengatakan lebih dari 50 persen remaja yang masuk ke media sosial beberapa kali sehari. Jika dilakukan dalam durasi yang lama tentu saja hanya akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Hal ini mampu membuat seseorang sedikit melupakan di kehidupan nyata dan malah sibuk aktif menggunakan media sosial.

2. Perilaku antisosial

Terlalu sering menggunakan media sosial membuat seseorang jadi terlalu asyik dengan kehidupan di dunia maya sehingga tanpa disadari mundur dari kehidupan sosial yang sesungguhnya.

3. Cyberbullying

Mayoritas pengguna media sosial di bawah 30 tahun dan sebagian besar remaja. Menurut penelitian, 95 persen remaja pernah melihat adanya bully di jejaring sosial. Lalu ada 33 persen remaja yang pernah mendapatkan bully di media sosial.

4. Masalah percaya diri

Beberapa studi menemukan saat terjadi peningkatan interaksi di media sosial, terjadi penurunan pada rasa percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.