Sukses

Jus Kedelai Senjata Ampuh bagi Wanita

Kini semakin mudah kita mendapatkan susu kedelai di pasaran jika Anda tidak sempat membuat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Berbahagialah jika Anda wanita, berusia di atas 35 tahun, masih memiliki kulit halus, payudara kencang dan tegak, tulang kuat, dan dapat menikmati hubungan seksual secara baik. Itu pertanda bahwa hormon kewanitaan (estrogen) Anda terjaga dengan baik.

Kebanyakan wanita di atas usia 35-an tahun mulai mengalami perubahan secara fisik akibat penurunan hormon estrogen. Penurunan itu akan mencapai puncaknya pada usia 50-55 tahun ketika produksi hormon estrogen oleh tubuh berhenti. Hal itu ditandai dengan berhentinya menstruasi.

Selain semakin rawan mengalami serangan jantung koroner dan meningkatnya risiko osteoporosis, wanita yang mengalami defisit hormon kewanitaan akan menghadapi banyak keluhan, antara lain mudah lelah, tubuh dan wajah terasa panas (hot flushes), vagina mengering sehingga sakit saat berhubungan intim, nyeri di persendian, bahkan emosi menjadi kurang stabil dan mudah tersinggung.

Kedelai oleh para pakar dinyatakan merupakan sumber fitoestrogen (tumbuhan yang mengandung bahan serupa estrogen). Itu sebabnya para pakar menganjurkan wanita mengonsumsi banyak tempe dan susu kedelai jika usia telah lebih dari 35 tahun. Lebih baik sejak jauh-jauh hari, mengingat penurunan kadar hormon estrogen telah dimulai pada usia 25 tahunan.

Kedelai juga merupakan sumber kalsium yang sangat diperlukan oleh wanita, mengingat cadangan di dalam tulang biasanya juga berkurang. Selain faktor usia, cadangan kalsium di dalam tulang banyak tersedot oleh janin ketika seorang wanita hamil.

Kini semakin mudah kita mendapatkan susu kedelai di pasaran jika Anda tidak sempat membuat sendiri di rumah. Tentu lebih baik jika Anda mengolah sendiri karena dipastikan lebih segar, tanpa pengawet dan bahan tambahan lainnya.
Siapkan susu kedelai tawar (tanpa gula apa pun) karena Anda akan mendapatkan rasa manis dari buah yang dijus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Jus

Jus Susu Kedelai Melon

Bahan:
1 gelas susu kedelai
1 mangkuk melon potong
1 kelingking jahe
1 buah belimbing
Cara membuat:
Belimbing dan jahe dicuci bersih, potong-potong lalu diambil sarinya menggunakan juicer. Tuangkan ke dalam blender. Masukkan melon ke dalam blender bersama susu kedelai, haluskan. Bila suka, tambahkan es batu. Siapkan gelas, tuang dan segera diminum. 

Jus Susu Kedelai Apel
Bahan:
1 gelas susu kedelai
1 buah apel fuji
1/2 mangkuk nanas potong
1 genggam es batu
Cara membuat:
Apel dan nanas dibersihkan lalu dibuat jus. Tuangkan ke dalam blender. Masukkan susu kedelai dan es batu, lalu haluskan. Tuangkan ke dalam gelas, siap diminum. @

Jus Susu Kedelai Pisang
Bahan:
1 gelas susu kedelai
1 buah pisang meja
1/4 mangkuk melon potong
1/4 mangkuk nanas potong
Sepucuk sendok teh bubuk kayu manis
Cara membuat:
Nanas dan melon diambil sarinya menggunakan juicer, tuangkan ke dalam blender. Tambahkan susu kedelai, pisang, dan bubuk kayu manis, haluskan. Siapkan gelas, hidangkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini