Sukses

Sebelum Olah Kentang, Rendam Dulu Ya

Bila kita ingat-ingat, ibu kita dulu biasa merendam kentang sebelum memasaknya. Tindakan itu ternyata dapat mengurangi kadar akrilamida.

Liputan6.com, Jakarta Bila kita ingat-ingat, ibu kita dulu biasa merendam kentang sebelum memasaknya. Tindakan tersebut ternyata dapat mengurangi kadar akrilamida dalam kentang.

Akrilamida adalah bahan kimia yang secara alami muncul sebagai reaksi ketika makanan kaya pati, contohnya kentang, dimasak pada suhu tinggi, seperti digoreng, dikukus, dipanggang, atau dibakar. Demikian penelitian yang dirilis dalam edisi online Journal of Science Food and Agriculture, Maret lalu.

Selama ini ada kekhawatiran akrilamida yang ditemukan dalam sejumlah besar makanan dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan kanker pada hewan. Namun, penelitian yang dilakukan tim dari Inggris pimpinan Dr Rachel Burch dari Leatherhead Food International menemukan bahwa upaya sederhana membilas kentang sebelum digoreng dapat mengurangi pembentukan akrilamida, sehingga menurunkan risiko yang mungkin disebabkan bahan ini.

“Banyak penelitian telah dilakukan oleh industri makanan untuk mengurangi akrilamida dalam produk mereka, tetapi kurang sekali untuk makanan yang dimasak di rumah. Kami ingin menemukan cara untuk mengurangi kadar akrilamida untuk masakan rumahan,” kata Dr Rachel.

Lebih lanjut penelitian itu menemukan bahwa mencuci potongan kentang mentah atau merendamnya selama 30 menit dan selama 2 jam akan menurunkan pembentukan akrilamida berturut-turut sampai 23 persen dan 48 persen. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini