Sukses

Bahaya Remaja Kecanduan Internet

Lebih dari 14 jam seminggu internetan, awas risiko remaja miliki tekanan darah tinggi dan obesitas mengintai.

Liputan6.com, New Delhi Bagi Anda yang memiliki buah hati usia remaja, berapa lamakah ia asyik bermain dengan ponselnya untuk berinternetan? Jika lebih dari 14 jam per minggu, hati-hati. Ia berisiko untuk memiliki tekanan darah tinggi.

Hal ini diketahui setelah peneliti meminta 335 remaja berusia 14-17 tahun untuk mengisi 55 pertanyaan tentang penggunaan internet selama seminggu. Lalu dilakukan cek juga tekanan darah.

Penggunaan internet yang dimaksud peneliti adalah membuka situs web, email, pesan singkat, game, mengerjakan PR, belanja, mengunduh piranti lunak. Terdapat 134 remaja yang termasuk pengguna internet berat, lalu 26 orang di antaranya cenderung memiliki tekanan darah tinggi.

Tak cuma tekanan darah, berat badan remaja yang terlalu sering internetan pun cenderung berlebih.

"Menggunakan internet merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, tapi bukan sampai menguras waktu kita," tutur penulis studi Henry Ford Hospital di Detroit, Amerika Serikat, Andrea Cassidy-Bushrow.

Oleh karena itu, Bushrow mengingatkan sangat penting bagi anak muda untuk memadukan antara kegiatan di dunia maya dengan aktivitas fisik.

"Saya sarankan kepada orangtua untuk membatasi waktu anak-anak untuk berselancar internet. Saya pikir dua jam sehari atau lima hari dalam seminggu adalah aturan yang baik," saran Bushrow seperti dikutip laman Times of India, Rabu (7/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.