Sukses

Cara Unik Atasi Kecanduan Narkoba, Muntah Selama Seminggu

Di Thailand ada cara ekstrem untuk 'menyembuhkan' orang yang kecanduan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Obat untuk kecanduan narkoba belum ada. Biasanya di Indonesia, orang yang kecanduan bakal dimasukkan ke panti rehabilitasi atau dimasukkan ke pesantren. Tapi, di Thailand ada cara ekstrem untuk 'menyembuhkan' orang yang kecanduan, yakni minum ramuan herbal hingga muntah-muntah.

Pengobatan itu dilakukan Biksu Budha di Wat Thramkrabok - dikenal sebagai The Temple Vomit dan dianggap sebagai jalan terakhir untuk pengguna heroin.

Pengobatan ini sederhana namun neraka. Steve, seorang pengguna narkoba 25 tahun dari Perth mencoba terapi muntah itu. Ia berhenti dari pekerjaannya dan mendaftar untuk terapi muntah seminggu nonstop.

"Hidup sebelum di Wat Thamkrabok penuh dengan rasa bersalah, kebohongan, penipuan, kecanduan - semua hal terjadi ketika menggunakan meth," katanya seperti dilansir news.com.au, Selasa (29/9/2015).

Suatu hari, istrinya memergokinya saat menggunakan narkoba. Saat itu Steve terkejut melihat wajah istrinya yang takut. Sang istri kemudian meraih tangannya dan memintanya menyerahkan obat terlarang itu.

"Saya akan membantumu dan saya akan tetap bersamamu, tidak peduli apapun," ujar Steve menirukan ucapan sang istri.

Usai kejadian itu, Steve bertekad untuk berhenti dari konsumsi obat-obatan terlarang. Dia menghubungi keluarganya di Thailand. Ketika mereka mendengar tentang kecanduan Steve, keluarga sang istri mengatakan akan membawanya ke Thailand, tepatnya ke Thamkrabok.

"Beberapa minggu kemudian saya keluar dari pekerjaan saya dan melakukan perjalanan ke kuil Thailand Thamkrabok, yang terkenal menyembuhkan orang kecanduan melalui terapi muntah," katanya.

Semua orang Thailand tahu tentang Thamkrabok. Dan Anda akan dibawa ke sana oleh keluarga Anda. Siapapun di luar Thailand harus menghubungi kuil untuk memilih detoks di Thamkrabok.

"Saya sedikit gugup, khawatir, keluar dari zona nyaman saya. Tapi kau harus melangkah keluar jika Anda ingin lepas dari obat. Anda tidak boleh takut, Anda harus terus bergerak maju," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seminggu Proses Detoks

Seminggu Proses Detoks

Segera setelah tiba kuil, Steve harus bersumpah, yang disebut 'Sajja'. Sajja di Thailand berarti membuat komitmen untuk diri sendiri.

Ada kepercayaan di Thailand, yang melanggar Sajja sangat berbahaya. Apabila Anda melanggar janji itu, Anda akan kembali pada jalur lama yang kali ini akan membawa Anda ke kematian Anda.

Untuk datang ke Thamkrabok gratis, tapi Anda hanya mendapatkan satu kali kesempatan. Tidak ada kesempatan kedua.

"Jadi jika Anda memutuskan untuk datang ke sini, Anda harus berkomitmen untuk melepaskan obat untuk sisa hidup Anda," jelas Steve.

Setelah melakukan Sajja, pecandu narkoba kemudian dibawa ke halaman detoks, tempat mereka tinggal. Orang yang datang dari luar negeri minimal menginap tujuh hari. Di sana pecandu benar-benar putus kontak dengan dunia luar sampai minggu telah berlalu.

Rutinitas di kuil antara alin pergi ke halaman untuk membantu tugas sehari-hari, makan, dan kemudian tentu saja muntah.

Muntah terjadi pukul 15:00 setiap hari. Orang asing pasti muntah di lima hari pertama.

Muntah terjadi terus-menerus. Biksu memberikan campuran yang membuat selera Anda jadi mengerikan. Itu membuat kaget dan rasanya lebih dari pedasnya cabai.

"Saya tidak tahu apa yang ada di dalamnya tapi Anda hanya kaget dan kemudian mulai minum air sebanyak yang Anda bisa, lebih banyak lebih baik. Itu mengganggu perut Anda dan Anda akan muntah - banyak," cerita Steve.

Dua hari pertama seperti neraka, Anda hanya ingin pergi dengan perasaan sakit sepanjang waktu. Namun ada banyak bantuan. Semua orang akan membantu Anda, orang Thai mendorong Anda dan membantu Anda dan pastikan Anda baik-baik saja.

3 dari 3 halaman

Mengerang

Mengerang

Setelah Anda menyelesaikan ritual muntah setiap hari, Anda tidak ingin melakukan banyak hal, Anda hanya berbaring dan mengerang.

Pada hari kelima muntah di siang hari jadi lebih mudah. Dan Steve menjadi lebih baik di hari kelima.

"Ini bukan pertama kalinya saya pernah ke pusat detoksifikasi - Saya sudah mencoba berkali-kali mencoba. Anda perlu membuat keputusan di hati untuk menghentikan obat. Ini harus datang dari dalam."

Sebanyak 100.000 pecandu telah dirawat di kuil Thamkrabok sejak dibuka lebih dari 50 tahun yang lalu. Kebanyakan, menurut para biarawan yang merawat mereka, pecandu dibersihkan dari kecanduannya.

Program terapi ini mencakup meditasi dan mandi air hangat serta mencakup meminum koktail dengan lebih dari 100 bahan herbal selama lima hari berturut-turut. Minuman itu membuat mereka muntah selama seminggu, tetapi tak ada pilihan lain buat mereka agar sembuh.

"Perlakuan obat di sini adalah detoksifikasi fisik," jelas Biksu Hans. "(Tapi) detoksifikasi fisik lima persen - 95 persen adalah penarikan jiwa dari penjara gelap, ghetto gelap mengkonsumsi obat," tandasnya.  (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.