Sukses

Bit, Si Merah yang Baik untuk Penderita Darah Tinggi

Buah berwarna merah ini baik untuk si pemilik tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Pernah menjajal makan buah bit? Buah berwarna merah pekat dengan aroma khas ini dalam beberapa tahun terakhir dikenal luas masyarakat Indonesia karena manfaat sehatnya. Salah satunya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

"Bit memang bagus untuk penderita tekanan darah tinggi karena sifatnya mampu melebarkan pembuluh darah," tulis para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi Nutrifood dalam buku 101 Mitos Kesehatan.

Dengan sifat buah bit yang seperti itu, berbagai uji klinis telah membuktikan manfaat positif bit dalam menurunkan tekanan darah seperti diungkap dalam Current Opinion in Lipidiology 2011.

Selain untuk orangtua, konsumsi buah bit pun baik untuk anak muda karena mampu meningkatkan performa olahraga. Rasa lelah bisa berkurang jika rutin konsumsi jus bit. 

Perubahan tersebut terjadi karena buah bit mengandung molekul nitrat. Ketika masuk ke dalam tubuh, nitrat dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Itu adalah dua hal penting yang mendukung kinerja saat berolahraga seperti diungkap American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology. 

(Baca: Ingin Tak Mudah Lelah Saat Berolahraga? Coba Minum Jus Ini)

Ada berbagai cara untuk menikmati buah yang satu ini, namun yang paling disukai dengan diolah menjadi jus. Ditambahkan sedikit es jadi lebih nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.