Sukses

Jalan Cepat 25 Menit Tiap Hari Bikin Umur Tambah 7 Tahun

Satu lagi penelitian yang menguji efektivitas olahraga dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi penelitian yang menguji efektivitas olahraga dan kesehatan. Ilmuwan menemukan, berjalan cepat saja selama 25 menit tiap hari dapat menambah umur Anda hingga 7 tahun.

Menurut peneliti, bergerak atau olahraga teratur ini dapat mengurangi risiko kematian akibat jantung. Pasalnya, gaya hidup cenderung membuat individu tidak memiliki waktu untuk olahraga.

"Melakukan olahraga ringan saja dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung di usia 50-60 tahun. Apalagi bila aktivitas ini rutin dilakukan," kata ahli jantung, Profesor Sanjay Sharma dari St George University Hospitals.

Sanjay pun mengatakan, studi ini sangat relevan, karena olahraga dapat memperlambat proses penuaan. "Olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan terbukti mencegah demensia."

"Jika tidak ada waktu, coba naik bus atau transportasi umum. Hal ini tidak akan merugikan kesehatan Anda ketimbang selalu membawa kendaraan pribadi," katanya, seperti dimuat Dailymail, Senin (31/8/2015).

Penelitian yang dilakukan oleh tim di Saarland University di Jerman ini memang penasaran dengan sekelompok orang yang tidak suka berolahraga tapi sehat dan tidak merokok. Mereka menguji orang-orang tersebut untuk aerobik, latihan interval intensitas tinggi dan beban. Hasilnya, semua altivitas ini memiliki dampak positif pada kesehatan mereka.

Profesor di Cambridge Institute of Public Health, Christi Deaton mengatakan, semakin aktif Anda, maka semakin banyak pula manfaat kesehatan yang Anda miliki.

"Kami merekomendasikan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau telah memiliki infark miokard atau gagal jantung menjadi aktif secara fisik, karena itu bermanfaat bagi mereka. Olahraga mendorong sistem organ dan mencegah penuaan tubuh dengan memperbaiki fungsi sel," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini