Sukses

7 Makanan yang Dikonsumsi Wanita Jepang Kala Diet

Ada apa dengan makanan Jepang?

Liputan6.com, Jakarta Diet bisa dibilang bukan perkara mudah. Kurang sedikit niat saja, godaan makanan dari lingkungan bisa jadi satu hal yang menggoda lidah. 

Tak terkecuali bagi wanita Jepang. Namun ada yang menarik saat mereka menjalani dietnya, menu makanannya yang seputar ikan, sayur, buah, kedelai, dan ocha (teh hijau). Lantas ada apa dengan makanan tersebut? simak ulasannya, seperti dikutip Healthyandnaturalworld, Rabu (19/8/2015):

1. Ikan

Hampir 10 persen ikan dunia dikonsumsi di Jepang. Ikan memang kaya asam lemak omega-3. Orang Jepang percaya, ikan membuat mereka bebas penyakit dan awet muda serta menangkal risiko kanker payudara.

2. Sayuran (laut dan darat)

Penuh antioksidan, vitamin dan mineral, sayuran juga dapat melancarkan fungsi cerna tubuh. Negara matahari terbit ini juga dikenal mengkonsumsi 5 kali lebih banyak sayuran (brokoli, kubis, kecambah, kangkung, bok choy) dibandingkan dengan Amerika. 

3. Nasi

Nasi adalah makanan pokok dan membuat Anda otomatis terhidar dari kelebihan sodium (garam), lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol. Untuk makan sehat, pilihlah beras merah.

4. Kedelai

Jepang mengkonsumsi banyak kedelai - sekitar 50 gram per hari. Banyak hidangan tradisional Jepang juga terbuat dari kedelai. 

5. Mie

Di Jepang, mie dibuat dengan banyak variasi seperti dari kacang hijau dan soba (mie soba).

6. Teh Hijau

Cara terbaik untuk menutup waktu makan adalah minum secangkir kecil teh hijau. Selain kaya antioksidan, ocha atau matcha-sebutan teh hijau akan melindungi jantung dan menangkal penyakit kronis lainnya. 

7. Buah

Kebiasaan mengonsumsi camilan buah segar bukannya biskuit, kue dan muffin, patut dicontoh. Dekorasi bentuk buah-buahan dalam bekal makan juga sering ditata apik sehingga membuat makanan penutup ini menarik. Jika Anda khawatir pestisida, pilihlah buah-buahan organik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.