Sukses

Ini Obat Alami dan Murah Pengobat Sariawan

Tak banyak yang tahu, obat ampuh untuk penyakit mulut tersebut adalah daun jintan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak masyarakat percaya, untuk menghalau sariawan dibutuhkan herbal seperti daun sirih. Namun tak banyak yang tahu, obat ampuh untuk penyakit mulut tersebut adalah daun jintan (Plectranthus amboinicus sin. Coleus amboinicus).

"Daun jintan perannya kayak Albothyl, ketika dikunyah, sariawan langsung kebal. Dan sakitnya berkurang jauh sekali," kata Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Indah Yuning Prapti pada wartawan, ditulis Jumat (14/8/2015).

Daun jintan mengandung minyak atsiri, fenol, dan senyawa kalium. Selain dapat mengatasi sariawan, penelitian mencatat, daun ini dapat menetralkan dan membersihkan darah.

"Halo masyarakat, peliharalah daun jintan. Caranya mudah sekali. Daunnya seperti daun bangun-bangun yang tumbuh menjalar," katanya di Soho Centre of Excellence in Herbal Research (SCHER) Sukabumi, Jawa Barat.

Menanam tanaman jamu, kata dia, adalah salah satu upaya mencegah penyakit (preventif) yang dapat membantu kita tidak mudah sakit. Bila imun baik, maka stamina pun bagus. 

 

Baca juga: 

[5 Cara Mudah Usir Sariawan](http://health.liputan6.com/read/2287646/5-cara-mudah-usir-sariawan "") 

Tak Setiap Luka Mulut Itu Sariawan, Kenali Tanda-tandanya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.