Sukses

Ini Cara Tepat Cek Bau Mulut

Yang pasti, bukan dengan menghembuskan napas ke telapak tangan.

Liputan6.com, London - Bernapas lalu semacam meniupkannya ke tangan kemudian menciumnya. Biasanya itu cara yang digunakan untuk mengetahui aroma mulut bau atau tidak. Ternyata cara tersebut tidak cukup efektif lho untuk mengidentifikasi bau mulut.

"Mengetahui bau mulut dengan bernapas ke telapak tangan itu tidak selalu mendapatkan hasil yang tepat," terang direktur klinis London Smiling Dental Group, dokter Uchenna Okoye.

Cara yang lebih baik untuk mengetahui mulut bau atau tidak lebih baik dengan menjilat bagian belakang pergelangan tangan, tunggu sampai air liur kering lalu menciumnya. Cara ini akan memberikan indikasi yang lebih baik.

"Ini adalah cara untuk mengisolasi air liur. Jika mulut Anda bau, air liur pun akan bau," terangnya seperti dikutip laman Daily Mail, Senin (27/7/2015).

Penting juga untuk diingat bahwa aroma mulut itu bisa berubah. Jangan hanya mengecek satu kali melainkan tiga hingga empat kali dalam 24 jam. Jika semuanya berbau, ini indikasi yang kuat bau mulut.

Tak ingin dengan cara itu? Tenang masih ada metode lain, yakni dengan menjilat punggung sendok. Sama dengan metode pertama, kita harus menunggu air liur kering lalu menciumnya. Coba tiga hingga empat kali dalam 24 jam.

Jangan lupa, perhatikan juga warna permukaan lidah yang mengindikasikan kesehatan mulut seseorang. "Jika lidah ditutupi lapisan putih berarti ada yang tidak beres. Lidah yang sehat adalah berwarna merah mudah dan mengilap," terang dokter Okuye.

 

Baca juga:

Kenali Tanda Penyakit dari Bau Mulut

Bau Mulut Saat Bangun Tidur, Normalkah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini