Sukses

Yoga Sesuai Warna Pribadi Anda

Untuk mencari kebugaran, Anda mungkin bisa melakukan yoga.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencari kebugaran, Anda mungkin bisa melakukan yoga. Senam ini semakin populer karena bisa dilakukan sendiri dan kapanpun.

Tapi sebelum Anda mulai yoga, Anda harus tahu kalau setiap orang memiliki kebutuhan sehat dan kepribadian yang berbeda-beda. Jadi pilihlah yoga yang tepat, seperti dikutip Times of India, Sabtu (4/7/2015) berikut ini:

1. Untuk pencari kebugaran: Power yoga

Latihan ini memfokuskan pada kekuatan dan fleksibilitas. Dikembangkan oleh Beryl Bender Birch dan Bryan Kest dari AS yang belajar dari guru yoga K Pattabhi Jois, jenis yoga ini sangat ideal untuk orang-orang yang tidak ingin menikmati suara musik atau meditasi.

2. Untuk pemula: Hatha yoga

Latihan yang sederhana adalah ide praktis untuk melakukan yoga bagi pemula. Fokusnya lebih pada pernapasan dan meditasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pecinta tantangan

3. Bagi pecinta tantangan: Aerial yoga

Jika Anda menyukai latihan yang menantang dan mencari fleksibilitas, latihan inilah yang tepat bagi Anda. Aerial yoga menggunakan kain menggantung (kain sutra) untuk membantu mencapai sebuah asana. Anda akan menggantung di udara dan melawan gravitasi. Anggap saja latihan ini kombinasi yoga, tari, Pilates dan senam.

4. Untuk pasangan muda: Acroyoga

Latihan ini membutuhkan dua orang untuk bekerjasama. Bagi pasangan, latihan ini paling tepat untuk menjaga keintiman satu sama lain, secara emosional dan fisik.

3 dari 4 halaman

Senam Energik

5. Untuk senam energik: Ashtanga Yoga

Dirancang oleh almarhum guru yoga K Pattabhi Jois, Ashtanga yoga ini berarti delapan cabang ('Ashta' berarti delapan dan 'anga' berarti anggota tubuh). Ini adalah gaya dinamis untuk memberikan banyak energi, stamina dan kontrol atas pikiran.

6. Untuk para pencari spiritual: Kundalini yoga

Latihan ini membangkitkan tujuh cakra dalam tubuh manusia sehingga Anda mengenal diri Anda dari dalam secara spiritual. Setiap asana memiliki pola pernapasan yoga untuk membersihkan kekacauan energi.

7. Untuk gaya hidup sehat: Sivananda yoga

Latihan ini masih dipraktikkan dalam metode aslinya. Dengan variasi  12 langkah dari Surya Namaskar, fokusnya adalah diet, latihan, relaksasi, meditasi, berpikir positif dan teknik pernapasan untuk gaya hidup sehat secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Orang malas

8. Bagi orang-orang malas: Restorative yoga

Karena penekanannya lebih pada relaksasi, latihan restoratif disebut juga yoga pemalas. Latihan ini hanya melakukan pose sederhana dengan menggunakan alat peraga seperti bantal, selimut dan guling untuk rasa damai dan tenang.

9. Untuk lansia: Chair yoga

Latihan yang satu ini lebih baik dilakukan oleh lansia atau mereka yang membutuhkan pemulihan karena menderita penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.