Sukses

Tak Ada TKI Terjangkit MERS di Korsel

Tidak ada TKI di Korea Selatan yang terjangkit MERS CoV

Liputan6.com, Jakarta Terkait virus Mers, ada beberapa media online memuat tulisan bahwa lima Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan positif terjangkit virus Middle East Respiratory Syndrom (MERS) dari sekitar 42 ribu TKI yang saat ini ada di Korea Selatan.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nusron Wahid yang namanya dikutip memastikan bahwa berita itu tidak benar alias hoax. Memang sempat diisukan terdapat lima orang TKI terjangkit wabah MERS di Korea Selatan, tapi itu tidak ada”, ujar Nusron dalam rilis yang diterima Pusat Komunikasi Publik Kemenkes (1/7).

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungandr. M. Subuh menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan Korea Selatan belum menerima laporan tersebut. Begitu pula dengan Kedutaan Besar RI setempat. “Kalaupun ada, mereka akan notifikasi Indonesia”, ujar M. Subuh.

Hingga saat ini belum ada vaksin atau pengobatan khusus untuk pasien MERS-CoV. Perawatan bersifat pendukung kelangsungan hidup tergantung dari keadaan pasien. Agar terhindar dari MERS-CoV, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat; menghindari kontak erat dengan penderita; menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dan menerapkan etika batuk ketika sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini