Sukses

Ramuan Alami Penambah Darah

Bahan-bahan makanan seperti bayam, telur, kencur, dan kunyit bermanfaat untuk menambah darah kita.

Liputan6.com, Jakarta Bahan-bahan makanan seperti bayam, telur, kencur, dan kunyit bermanfaat untuk menambah darah kita. Sehingga kita tak perlu lagi mengonsumsi tablet penambah darah yang mudah ditemui di apotek.

Bayam merah kaya akan zat besi yang diketahui mampu menambah darah. Kuning telur, meski dianggap menakutkan karena dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang tinggi kaya akan gizi yang mampu menaikkan kadar hemoglobin. Sedangkan penyedap makanan seperti kencur dan kunyit, diketahui berkhasiat menambah nafsu makan dan menyembuhkan gejala sembelit.

Dengan bahan-bahan tersebut, Anda dapat meraciknya menjadi jamu tradisional anti anemia, seperti dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Kamis (25/6/2015)

Bahan

1 jari rimpang kencur
1 jari rimpang kunyit
7 helai bayam merah
1 butir telur ayam kampung

Cara membuat

Kupas kencur dan kunyit. Cuci keduanya ditambah bayam, lalu tumbuk hingga halus sambil diberi air matang sedikit demi sedikit. Kira-kira satu gelas. Setelah itu peras dan saring.

Saat akan diminum, beri 1 kuning telur dan sedikit madu. Minum ramuan ini satu kali sehari, pada sore hari. Ramuan ini jangan diminum tiap hari, tapi cukup 2 hari sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.