Sukses

Di Negara Ini Suami Bisa Cuti 3 Bulan Saat Istri Melahirkan

Pemerintah Swedia berencana memberikan cuti bagi ayah bari hingga tiga bulan di tahun 2016

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Swedia berencana memberikan cuti bagi ayah bari hingga tiga bulan di tahun 2016. Regulasi ini diajukan sebagai salah satu cara meningkatkan keseteraan gender di negara tersebut.
 
Saat ini, aturan cuti melahirkan yang berlaku di Swedia adalah cuti 16 bulan yang bisa diambil ibu atau ayah. Dengan dua bulan cuti dimiliki oleh ayah seperti dilansir The Telegraph, Selasa (2/6/2015).
 
"Cuti tiga bulan kepada ayah baru, kita mengarah ke sana. Ini adalah salah satu isu kunci untuk mencapai keseteraan gender," terang Menteri Keamanan Sosial setempat, Annika Standhall kepada Radio Sweden.
 
Cuti bagi ayah baru mulai diperkenalkan Swedia pada tahun 1995, cuti diberikan satu bulan. Di tahun 2002, cuti menjadi dua bulan.Saat karyawan cuti, gaji yang diberikan perusahaan kepada mereka memang berkurang 80 persen.Semoga saja, di bawah proposal penambahan cuti bagi ayah baru di Swedi ini berhasil diperoleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini