Sukses

6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Ancam Kesehatan

Bukan hanya malas, kebiasaan salah yang selalu dilakukan saat menyikat gigi juga bisa menjadi sumber penyakit.

Liputan6.com, Jakarta American Dental Association (ADA) merilis berita tentang bahaya malas merawat gigi yang menyebabkan sejumlah penyakit seperti jantung, stroke serta disfungsi ereksi.

Namun bukan hanya malas, kebiasaan salah yang selalu dilakukan saat sikat gigi juga bisa jadi sumber penyakit. Coba perhatikan 6 kesalahan umum saat menyikat gigi yang mengancam kesehatan Anda, seperti dikutip Prevention, Jumat (27/3/2015):

1. Malas menyikat gigi malam hari

Malas menyikat gigi di malam hari dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Setidaknya luangkan waktu 2 menit untuk menyikat gigi sebelum tidur," kata Profesor di UCLA School of Dentistry, Edmond R. Hewlett, DDS.

2. Menggunakan sikat gigi yang salah

Pastikan memilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga membantu mengusir semua plak di sela-sela gigi dan tidak melukai gusi. Selain itu, Hewlett juga tidak menyarankan menyikat gigi terlalu keras karena dapat menyebabkan abrasi gigi yang dapat membuat gigi sensitif.

3. Tidak menggunakan mouthwash

Dokter gigi di New York, Pia Lieb, DDS mengatakan, obat kumur berguna untuk membunuh bakteri yang tersisa di mulut. Setidaknya, kata dia, berkumur dengan air lebih baik daripada tidak.

4. Teknik menyikat gigi salah

Posisi pegangan sikat gigi baik dilakukan pada sudut 30 sampai 45 derajat ketika mereka menyentuh jaringan gusi Anda. Setalah itu putar pergelangan tangan dan lakukan gerakan melingkar untuk secara efektif menghilangkan plak. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada bagian belakang mulut yang biasanya meninggalkan banyak plak.

5. Tidak mengganti sikat Anda

ADA merekomendasikan membeli sikat baru setiap 3 atau 4 bulan. Sikat gigi yang terlalu lama digunakan dinilai tidak akan efektif menghilangkan plak atau bakteri.

6. Mengabaikan kebersihan lidah

Ayolah, lidah juga perangkap bakteri berbahaya juga. Berbagai makanan bisa terjebak di sela-sela lidah. Gunakan pembersih lidah agar kebersihan mulut Anda tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.