Sukses

Jangan Bersihkan Telinga Tiap Hari

Kebiasaan membersihkan organ tubuh ternyata tak selamanya baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan membersihkan organ tubuh ternyata tak selamanya baik bagi kesehatan. Seperti membersihkan telinga setiap hari misalnya justru dapat membuat telinga lebih sensitif, lecet dan terburuknya bisa merobek gendang telinga.

Begitu disampaikan Spesialis Telinga Hidung Tenggorok RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, Sp THT-KL(K) saat diskusi kesehatan SOHO Global Health di bilangan Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

"Setiap pagi tidak perlu membersihkan telinga. Lebih baik ke dokter. Karena prinsipnya, kotoran telinga atau serumen (ear wax) itu jarang keluar sendiri kecuali kering dan terlepas dari kulit," katanya.

Menurut dia, kotoran telinga berguna jika dalam jumlah yang tidak terlalu banyak untuk mencegah jamur, masuknya binatang dan kotoran lainnya dari luar.

"Bila ada keluhan, kuping gatal dan menganggu, lebih baik ke dokter. Jangan mengorek rutin, apalagi menggunakan cotton bud yang dapat membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini