Sukses

Cara Mudah Deteksi Apakah Air Sudah Tercemar

Tanaman dan ikan mas menjadi cara mudah untuk mendeteksi pencemaran air.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa, menurut Kementerian ESDM RI, hingga tahun 2015 jumlah pemenuhan kebutuhan air bersih secara nasional hanya mencapai angka 68.90 persen? Penyebab kesulitan pemenuhan air bersih tersebut terutama disebabkan oleh pencemaran air yang makin menjadi terutama oleh bakteri Ecoli. 

Pencemaran air dapat disebabkan oleh pertumbuhan penduduk, pertumbuhan sistem perekonomian dan industri, faktor perubahan iklim akibat pemanasan global, atau penggunaan peralatan instalasi air yang mengandung zat berbahaya, menurut Frenky Tansanjaya, Brand Marketing and Strategic POWER Pipe & Fitting.

"Kita sering melupakan adalah kandungan bahan-bahan berbahaya dalam jaringan pipa yang digunakan untuk instalasi air di rumah kita. Hal ini bisa memengaruhi tingkat kemurnian air," ujar Product Specifier POWER, Septian, saat Peluncuran Produk Pipa, Fitting, dan Talang pada Selasa (3/3/2015), di Jakarta.

Dr. Ir. Roh Santoso Budi Waspodo, M.T, dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian di Institut Pertanian Bogor, menjelaskan bahwa kondisi air terbagi menjadi empat. Kondisi pertama adalah air yang dapat langsung dikonsumsi. Kondisi kedua adalah air yang dapat dikonsumsi setelah dimasak. Kondisi ketiga adalah air yang tidak dapat dikonsumsi, biasa dipakai untuk pertanian. Sementara, kondisi terakhir adalah air yang benar-benar tidak dapat dikonsumsi.

"Cara mudah mengetahui apakah air sudah tercemar atau belum ketika menyiramkan air ke tanaman, apakah tanaman tersebut mengalami perubahan yang buruk, seperti layu," terang Roh saat ditemui dalam acara tersebut. Selain menggunakan tanaman, Roh menuturkan bahwa memasukkan ikan mas dalam air juga bisa membantu dalam mengidentifikasi apakah air telah tercemar atau belum.

"Ikan mas adalah ikan yang paling sensitif. Kalau ikan mas itu mati, ya sudah, pasti air di daerah itu sudah tercemar," pungkas Roh kembali.

Keterangan Foto : Empat narasumber sedang berpose dalam Peluncuran Pipa, Fitting, dan Talang Power, Jakarta pada hari Selasa (3/3/2015). Foto oleh Jazaul Aufa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.