Sukses

10 Tanda Kanker yang Kerap Diabaikan

Masyarakat kerapkali mengabaikan tanda-tanda kanker secara dini.

Liputan6.com, Jakarta Jangankan di Indonesia, menurut studi kecil yang dilakukan para ilmuwan di University College London masyarakat Inggris pun kerapkali mengabaikan tanda-tanda dini munculnya kanker. Padahal negara monarki tersebut memiliki badan khusus pencegahan penyakit ini.

Seperti disampaikan peneliti senior dari University College London, Katriina Whitaker, Ph.D kesadaran terhadap pencegahan penyakit sepertinya menjadi kendala di seluruh dunia. Hingga saat ini, masih banyak orang yang datang ke Rumah Sakit dengan kondisi kanker stadium lanjut.

Seperti dikutip Womenshealthmag, Senin (2/3/2015) berikut ini penjelasan Direktur medis dari Cancer Prevention Center di MD Anderson Cancer Center, Prof. Therese Bevers Bartholomew, MD tentang 10 tanda kanker:

1. Batuk persisten atau suara serak

Kebanyakan batuk mungkin bukan kanker tapi batuk terus menerus hingga jangka waktu berbulan-bulan bisa menjadi kanker paru-paru. "Batuk dalam jangka wakti lama perlu dievaluasi dan dokter harus merekomendasikan X-ray atau CT scan untuk mencegah segala kemungkinan," kata Bartholomew.

2. Susah buang air besar

Ketika buang air besar tidak semudah biasanya, apalagi bila disertai nyeri.  "Waspadai adanya sesuatu yang menghambat transit feses dari usus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masalah kandung kemih



3. Masalah kandung kemih

Jika ada darah dalam urin, mungkin ini tanda infeksi saluran kemih.

4. Nyeri yang tidak bisa dijelaskan

Kebanyakan nyeri bukanlah tanda kanker, tapi rasa sakit yang terjadi terus-menerus harus diperiksa. Jika Anda menderita sakit kepala terus-menerus misalnya, mungkin kanker tidak Anda derita tetapi pasti ada masalah pada otak sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Tapi nyeri yang berlangsung lama dan menetap serta terjadi di dada bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Dan rasa sakit persisten di perut Anda bisa jadi kanker ovarium.

5. Perubahan Penampilan

Adanya perubahan tertentu pada kulit atau organ lain yang bisa dilihat secara fisik bisa menjadi indikasi melanoma atau kanker kulit.

3 dari 3 halaman

Sakit tenggorokan tak sembuh



6. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh

Sakit tenggorokan hingga tiga minggu perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebab menurut Bartholomew, hal semacam itu bisa menjadi tanda kanker.

7. Perdarahan tak terduga

Pendarahan pada vagina bisa menjadi tanda awal kanker serviks, sedangkan perdarahan dari rektum bisa mengindikasikan kanker usus besar.

8. Penurunan berat badan drastis

Jika berat badan turun drastis tanpa diet, bisa jadi ini merupakan indikasi masalah medis yang serius.

9. Adanya benjolan

Meskipun tidak semua benjolan merupakan indikasi medis, namun Bartholomew mengatakan, setiap benjolan bisa jadi merupakan kista jinak tapi mungkin juga tanda awal kanker. 

10. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan bisa jadi merupakan tanda kanker leher dan kanker kerongkongan. "Segera periksa ke dokter apabila mengalami kesulitan menelan dalam jangka waktu lama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini