Sukses

Tensi 120 per 80 Jangan Diabaikan

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian paling teratas

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi merupakan kondisi paling umum dan berbahaya yang banyak dialami masyarakat modern saat ini. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kondisi satu ini, karena dapat menjadi faktor risiko bagi Anda untuk menderita penyakit gagal jantung, stroke, dan kebutaan.

"Orang kita kalau tekanan darah tinggi kebanyakan diabaikan. 120 per 80 dianggap bagus, padahal itu masuk kategori pre-hipertensi," kata Konsultan Spesialis Penyakit Jantung Rumah Sakit Bunda Jakarta, dr. Dicky A. Hanafy, SpJP (K)

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian paling teratas. Dari data yang dimiliki Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 31,7 persen dari kematian yang menimpa penduduk di dunia disumbangkan oleh 17,5 juta orang yang meninggal akibat penyakit kardiovaskular pada 2012. 

Lebih lanjut Dicky, menjelaskan, bagi siapa saja yang tekanan darahnya berada pada posisi itu diharuskan mulai mengubah gaya hidupnya. 

"Ganti semua asupan makan, olahraga teratur, dan kurangi berat badan," kata Dicky menerangkan dalam acara yang diadakan Bunda Heart Centre dengan tema `Living With Heart Disease` pada Selasa (24/2/2015) 

Jangan sampai angka yang sudah segitu berubah jadi 140 per 80, yang mana kondisi itu masuk ke dalam kategori hipertension tahap 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

Video Terkini