Sukses

Musim Hujan, Waspada 2 Penyakit Ini

Dua penyakit yang patut diwaspadai saat musim hujan datang. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman waspada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim hujan seperti saat ini. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Mafilindati Nur Aini mengatakan musim hujan memengaruhi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti. Sehingga dinas kesehatan menyiagakan petugas di puskesmas setempat untuk menghadapi penyakit di musim hujan ini.

"DBD masih waspada. Di musim hujan yang tinggi ini masih kondusif untuk perkembangbiakan nyamuk," ujar Mafilindati kepada Liputan6.com, Jumat (9/1/2015).

Sementara dari data yang ada jumlah kasus DBD di Sleman tahun 2014 lalu mulai turun daripada tahun 2013. Mafilindati mengataka  data kasus yang ada tahun 2014 tercatat ada 560 kasus.

"Turun dari dariapda 2013 tapi masih tinggi karena ada 560 kasus itu tahun 2014. Dari grafik perkembangbiakan masih menunjukka tren naik karena  berhubngan musim dan lingkungan," ujarnya.

Mafilindati juga mengatakan selain DBD dinasnya juga tengah mewaspadai adanya penyakit akibat hewan tikus yaitu leptospirosis diwilayahnya. Walaupun jumlah kasus tidak banyak namun penyakit ini cukup membahayakan bagi manusia khusuanya di musim hujan seperti sekarang. Tahun lalu ada dua orang meninggal karena leptospirosis.

"leptospirosis di 2014 ada 12 kasus lalu yang meninggal ada dua. Kita waspada dan tikus ada di sekitar kita jika tikus kencing di lingkungan kita mulai sungai dan linglungan kita ya itu jelas  potensi dan waspada  jelas ya," ujarnya. (Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini