Sukses

Cara Mengatasi Keputihan, si Penyebab Bau Tak Sedap

Bagaimana cara mengatasi keputihan? Artikel berikut ini akan membantu Anda dalam mengatasi keputihan.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya keputihan sungguh mengganggu. Area vagina menjadi tidak kesat atau bahkan gatal. Terlebih lagi, ketika keputihan tersebut memunculkan bau tak sedap. Akhirnya, berbagai cara mengatasi keputihan pun dilakukan.

Sebenarnya hal ini disebabkan oleh bakteri jahat yang berkembang di area vagina. Nama-nama bakteri seperti BV atau Bacterial Vaginosis menjadi salah satu penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi keputihan? Ini dia caranya yang dilansir dari MommyEdition, Rabu (7/12/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Keputihan 1-4

1. Kebersihan

Menjaga area vagina tetap bersih dan kering. Gunakan air hangat dan sabun batang untuk membersihkan area vagina.

2. Yogurt

Cukupi asupan yogurt organik dan tanpa rasa atau jenis non-pemanis. Yogurt kaya akan lactobacillus yang bisa berguna untuk mengembalikan tingkat pH vagina dalam keadaan normal.

3. Bawang Putih

Anda bisa meletakkan sepotong bawang putih di area vagina selama 1-2 jam secara rutin sampai keputihan tersebut menghilangkan.

4. Cuka dan Garam

Tuangkan setengah cangkir dan garam ke dalam bak mandi. Rendam badan Anda beberapa kali dalam seminggu. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan pH pada area vagina.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Keputihan 5-9

5. Celana Dalam

Gunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat. Bahan yang ketat membuat vagina Anda tidak bisa bernapas dengan baik sehingga bakteri bisa tumbuh lebih cepat.

6. Buang Air Besar

Setelah buang air besar, Selalu bersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dubur.

7. Sering Mengganti

Ganti pembalut atau pantie-liner secara berkala. Ganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari.

8. Deterjen

Hindari menggunakan produk deterjen dengan wangi menyengat, berbahan keras, atau yang dirancang untuk menyegarkan vagina.

9. Seks

Selalu berhubungan seks yang aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.