Sukses

Seks Saat Menopause, Bisa Naik Turun

Banyak perempuan ketakutan hadapi menopause, termasuk dalam hubungan seksual.

Liputan6.com, Jakarta Menopause biasanya didapatkan perempuan setelah berusia di atas 40-45 tahun. Salah satu keluhan yang sering diungkapkan adalah adanya perubahan gairah seks, ada yang menurun namun ada juga yang melonjak.

Perubahan gairah biasanya terjadi di masa klimakterium, sebuah proses di mana hormon estrogen menurun dan melambat hingga akhirnya inding telur tidak akan melepaskan telurnya.

"Perubahan gairah seks sangat bergantung pada pandangan dan latar belakang seseorang," ungkap dokter Phaidon L. Toruan dan dokter Widya Murni pada buku Rahasia Terkini Awet Sehat.

Permasalahan psikologis pada perempuan yang berpikir bahwa tidak lagi mampu tampil prima bersama suami di atas ranjang diikuti serangkaian ketakutan lain, sebabkan gairah seks menurun drastis.

Namun, menurut kedua dokter ini keterbukaan istri terhadap suami, akan membuat istri kuat menghadapi kesulitan selama proses menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.